Lindungi Anak saat Pandemi, Puskesmas Lubang Buaya Gelar BIAS

Jakarta, PONTAS.ID – Puskesmas kelurahan Lubang Buaya menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) demi terciptanya perlindungan kepada anak-anak Sekolah Dasar di wilayah Jakarta Timur dari ancaman penyakit Campak, Difteri dan Tetanus di masa Pandemi Covid-19.

Namun, kegiatan pemberian vaksin itu justru terkesan mengabaikan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Sebabnya, setiap orang tua dan anak yang akan mendaftar untuk divaksin terlihat berhimpitan saat mengantre alias tidak menjaga jarak (physical distancing).

“Sudah kita ingatkan kepada seluruh pengunjung untuk jaga jarak. Cuma tadi sempat hujan, jadi mereka dempet-dempetan agar tak terkena percikan hujan,” ujar Kepala Puskesmas Aan Diana Saat ditemui PONTAS.id di ruangannya, Senin (26/10/2020).

Terkait program BIAS yang digelar pihaknya, Diana mengatakan kegiatan itu rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kementrian Kesehatan.

“Tapi baru kali ini dilaksanakan langsung di puskesmas setempat lantaran sekolah saat ini sedang menjalani program belajar mengajar jarak jauh terdampak Covid-19. Pelaksanaannya mengikuti instruksi Sudin Kesehatan Jakarta Timur serta Puskesmas Kecamatan Cipayung,” imbuhnya.

Dengan kegiatan ini, Diana berharap, anak-anak yang sudah diberi vaksin dapat terhindar dari segala macam penyakit-penyakit yang berbahaya.

“Semoga anak-anak yang sudah divaksin tetap sehat dan khususnya kepada maayarakat kita harapkan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga Jarak),” pungkasnya.

Penulis: Fajar Virgyawan /Rahmat Mauliady
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here