Buruan! Mau Dapat Kartu Prakerja di Asahan? Ini Syaratnya

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, di ruang kerjanya, Selasa (16/4/2019)

Asahan, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengajak warga Kabupaten Asahan untuk mengikuti Program Kartu Prakerja. Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK maupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Penerima Kartu Prakerja tahun ini sebanyak 5,6 juta orang untuk seluruh Indonesia dan kuota untuk Sumut 183.904 orang dengan kuota perminggu 5.409 orang.

“Usia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal serta diprioritaskan bagi korban PHK, pekerja di sektor formal & informal, UMK dan Koperasi yang mengalami kesulitan usaha terdampak Covid-19, ” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Kamis (16/4/2020).

Berikut penjelasannya:

Manfaat:

  1. Pelatihan;
  2. Insentif;
  3. Sertifikat pelatihan.

Peserta Kartu Prakerja:

  • Pekerja sektor Formal korban PHK;
  • Pekerja Harian di sektor Informal, korban PHK & Kesulitan usaha;
  • UMK dan Koperasi yang mengalami kesulitan usaha.

Nominal Penerimaan:

  • Rp.1 juta untuk Pelatihan Online;
  • Rp.600 ribu perbulan selama 4 bulan untuk Insentif;
  • Rp.50.000 per Survei (3 x Survei).

Penerima (Peserta) Kartu Pra Kerja nantinya akan diberikan pelatihan di lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan milik BUMN, BUMD dan Swasta. Lembaga pelatihan Pemerintah. Di antaranya: Kemenaker, Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Skill Academy, Sekolahmu, Pijar Mahir dan Mau Belajar Apa.

Mitra Pembayaran: OVO, BNI dan Link Aja.
Pendaftaran: Mulai 11 April 2020 (24 Jam Perhari / 7 hari seminggu)
Nomor Layanan:  021-25541246 Senin-Jumat Pukul 08:00 WIB – 19:00 WIB.

Persiapan Mendaftar:

HP atau computer yang terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil , Email dan nimor telepon selular yang aktip, Photo KTP dan Photo selfi memegang KTP dengan ukuran JPEG yang kecil, serta kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes kemampuan dasar.

Proses Pendaftaran:

  • Daftar dulu di www.kemnaker.go.id dengan memilih Daftar Sekarang, isi semua biodata yang diminta dan DAFTAR SEKARANG;
  • Periksa konfirmasi yang dikirim via email dan login kembali dengan User name dan pasword yang telah didaftarkan;
  • Kemudian Pilih Menu pelayanan PRAKERJA, pilih ~>1. Daftar diwebsite Kartu Prakerja, ~>Daftar Sekarang dengan email yang telah didaftarkan di akun www.kemnaker.go.id dan pasword yang diingat kemudian contreng dan ~> klik DAFTAR.
  • Setelah itu, cek konfirmasi yang telah dikirim melalui Email dan silakan Login dengan user name dan pasword dan Login, isi semua biodata yang diminta unggah KTP dan swafoto yang telah disediakan.
  • Setelah selesai ada konfirmasi melalui SMS dan jawab 2 pertanyaan yang diajukan tentang pekerjaan selanjutnya.
  • Lalu ikuti Tes Kemampuan Dasar dengan menjawab 18 Pertanyaan dalam durasi waktu waktu 20 Menit (siapkan kertas dan alat tulis), jawab semua pertanyaan yang diajukan sampai selesai hingga muncul ‘Gelombang Pilihanmu Sedang Dievaluasi’.

“Yang artinya pendaftaran kartu Prakerja telah selesai dan menunggu hasil kelulusan. Jika tidak lulus berarti, silakan kembalu ikuti tes kemampuan dasar pada gelombang berikutnya dan untuk info selengkapnya silahkan hubungi Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan,” tandas Rahmat.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleAntisipasi Covid-19, Pemdes Bumi Rejo Semprot Disinfektan
Next articleBantu Warga Tanjab Timur, KNPI Jambi Bagikan Sembako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here