Harga BBM Nonsubsidi Tak Kunjung Turun, Ini Kata Pengamat

Jakarta, PONTAS.ID – Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan, menganggap wajar apabila pemerintah belum mengeluarkan kebijakan penurunan harga BBM, khususnya nonsubsidi.

Terlebih, PT Pertamina (Persero) selaku operator penjualan BBM memiliki cakupan bisnis yang luas, mulai dari sektor hulu dan terintegrasi hingga sektor hilir.

“Dengan kondisi seperti itu, ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan pemerintah,” tutur Mamit, Kamis (3/9/2020).

Kinerja Pertamina pun tengah tertekan di tengah pandemi Covid-19. Di semester satu lalu, perusahaan pelat merah ini membukukan rugi bersih mencapai US$ 767,91 juta. Total penjualan dan pendapatan usaha lainnya Pertamina juga merosot 19,81% (yoy) menjadi US$ 20,48 miliar.

Jika kebijakan penurunan harga BBM nonsubsidi diberlakukan saat kinerja Pertamina belum pulih, dikhawatirkan akan menambah beban perusahaan tersebut di kemudian hari. Lagi pula, pemerintah juga harus mematuhi amanat dalam Keputusan Menteri ESDM No. 62K/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran BBM jenis Bensin dan Solar.

Komponen-komponen pembentuk harga BBM juga bervariasi dan seluruhnya harus dipertimbangkan secara matang oleh pemangku kebijakan. Tak hanya mengacu pada harga minyak mentah seperti jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent saja, melainkan juga Indonesia Crude Price (ICP) hingga komponen lain seperti kurs rupiah, marjin badan usaha, serta pajak.

“Saat ini mungkin agak sulit menurunkan harga BBM, kecuali pemerintah tiba-tiba punya keputusan lain,” imbuh Mamit.

Lebih lanjut, Mamit menilai, meski harga BBM nonsubsidi belum diturunkan, kebijakan bisnis Pertamina yang kerap memberikan promo atau diskon pembelian produk BBM cukup positif untuk membantu daya beli masyarakat yang tertekan akibat pandemi Corona.

Penulis: Riana

Editor: Luki Herdian

Previous articleUnited Airlines akan Rumahkan 16 Ribu Pekerja Per 1 Oktober
Next articleCatat Ya! Tarif Listrik untuk Golongan Ini Tetap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here