Sulap Lahan Nganggur, Wabup Sergai Puji Gapoktan Seiya Sekata

Sergai, PONTAS.ID – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya memuji Gapoktan Seiya Sekata, Dolok Masihul yang telah berhasil menyulap dengan memanfaatkan lahan menganggur pasca panen padi menjadi produktif.

“Hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi contoh bagi petani lainnya untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Sebab cara ini juga menjadi upaya meningkatkan ketahanan pangan di Sergai,” kata Darma Wijaya saat panen semangka di Desa Kerapuh, Dolok Masihul, Jumat (29/5/2020) pagi.

Wabup juga berharap kepada Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian untuk lebih meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat, bagaimana cara memanfaatkan lahan tak terpakai usai panen padi.

“Segera ambil alih lahan yang kosong untuk bercocok tanam seperti tanaman jagung, semangka, cabai serta tanaman lainnya yang memiliki waktu tanam singkat,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Gapoktan Seiya Sekata, Boirin mengutarakan bahwa saat ini ada dua hektar lahan pertanian yang dikelola dengan tiga varian yaitu semangka non biji, semangka inden F1, semangka maduri, “Semua jenis semangka tersebut bersumber dari bibit hasil PT. Citra Bintang Asia,” kata dia.

Turut hadir dalam acara ini, Kadis Pertanian, Radianto Panjis; Camat Dolok Masihul, Gunawan JW Hasibuan; Manager PT. Socfindo Kebun Bangun Bandar, Kepala Desa Kerapuh dan Kuala Bali.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleEra New Normal, Industri Jamu Diyakini Bakal Berkembang
Next articleInovasi Pasca Covid-19, Pemkab Musirawas Bentuk Tim Lomba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here