Inovasi Pasca Covid-19, Pemkab Musirawas Bentuk Tim Lomba

Musirawas, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten Musirawas siap mengikuti “Lomba Inovasi Daerah” yang digagas Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di daerah dalam rangka persiapan menuju tatanan kehidupan normal baru (New Normal).

Hal ini disampaikan Bupati Musirawas, Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Suwarti Burlian saat mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Kemendagri terkait Lomba Inovasi Daerah bersama Menteri Dalam Negeri dan seluruh Kepala Daerah di Indonesia, Melalui Video Conference di Replika Rumah Adat Kantor Bupati, Jumat (29/0/2020).

“Kita akan bentuk satu tim inovasi penanganan Covid-19 dalam bentuk video pendek berdurasi maksimal 2 menit menjelaskan tentang New Normal, meliputi sektor, Pasar Tradisional, Pasar Modern, Restoran, Hotel, PTSP, Tempat Wisata, dan Transportasi Umum,” ucap Bupati.

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo dan diikuti para Gubernur dan Bupati se-Indonesia.

Dalam perlombaan ini, Kriteria penilaian dari lomba dinilai dari sisi kesesuaian protokol Covid-19, aplikatif dan dapat direplikasi oleh daerah lain, strong idea/kreativitas/pembaharuan, serta kerjasama (kolaborasi).

Tim penilai dari lomba tersebut terdiri dari Kemendagri, Kemenkes, Kemenkeu, Kemenpar, dan Gugas Covid-19.

“Selain itu, penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif, jumlah PDP, dan jumlah ODP di Kota/Kabupaten juga turut menjadi pertimbangan dalam pemberian dana insentif pemulihan ekonomi daerah dan penerapan new normal,” tutup Bupati.

Penulis: Zainuri
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here