2026, Pertamina Targetkan Kilang Tuban Beroperasi

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, saat mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau lokasi proyek Grassroot Refinery (GRR) Kilang Tuban, Jawa Timur

Jakarta, PONTAS.ID –  PT Pertamina (Persero) menargetkan proyek pembangunan kompleks kilang minyak dan petrokimia di Tuban, Jawa Timur selesai sesuai yang diharapkan. Di mana, proyek tersebut ditargetkan beroperasi pada 2026.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia (MP2) Pertamina, Ignatius Tallulembang, mengatakan bahwa Grass Root Refinery (GRR) Tuban adalah salah satu proyek yang menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

Dia bilang, Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019 yang lalu.

“Dengan dukungan semua pihak, pembangunan kilang diharapkan berjalan lancar dan selesai sesuai waktu yang ditargetkan,” ujarnya dalam keterangan persnya, Sabtu (30/5/2020).

Saat ini, Basic Engineering Design (BED) dan Front End Engineering Design (FEED) tengah berjalan. Oleh sebab itu, kejar target pun tetap berjalan.

“Sehingga kita bisa berdaulat secara energi,” tandasnya.

Kemudian, Direktur Promosi Sektoral BKPM, Imam Soejoedi, mengatakan, proyek ini memiliki nilai investasinya yang besar mencapai Rp211,9 triliun. Keberhasilan proyek ini akan memberikan manfaat sangat besar bagi anak bangsa. Oleh karena itu, pihaknya mewajibkan untuk dikawal.

“Targetnya 2026 sudah bisa beroperasi,” pungkasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here