Soal Depo Pengisian BBM Terbakar, DPR: BUMN Harus Segera Pikirkan Bagaimana Kawasan Depo Harus Aman dari Masyarakat

Sartono Hutomo
Sartono Hutomo

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo menyarankan agar Pemerintah khususnya BUMN dan Pertamina untuk segera memikirkan bagaimana cara untuk menjadikan depo pengisian BBM Pertamina supaya tidak terbakar seperti kejadian baru saja terjadi di kawasan Plumpang menyebabkan banyaknya korban jiwa meninggal.

“Jadi mulai saat ini sudah harus dipikirkan bagaimana caranya supaya kawasan depo Pertamina ini harus aman serta jauh dari jangkauan masyarakat,” kata Sartono kepada wartawan, Sabtu 4 Maret 2023.

Ia menuturkan, berdirinya depo Pertamina di Plumpang memang sudah ada sejak dulu dan saat itu memang kawasan didaerahnya masing sepi. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah penduduk, maka area disekitar itu pasti sudah menjadi padat. Dan akhirnya kalau ada kejadian kebakaran seperti terjadi di Plumpang mengakibatkan korban jiwa seperti ini harus segera dilakukan evaluasi.

“Depo tersebut sudah ada bertahun-tahun dan sekiranya ini memang tanggungjawab dari BUMN bagaimana harus segera mengevaluasi untuk memenuhi standarisasi keselamatan kerja dan lingkunganĀ (K3L). Dan perlu adanya upaya juga dari Pemerintah pusat maupun daerah bagaimana memikirkan sekarang agar warga tidak lagi berada di area sekitar kawasan depo Pertamina. Dan saya rasa kita harus mengembalikan semua dari awal ini dibangun dengan tata kota yang baik,” ujar politikus Partai Demokrat ini.

Namun demikian, Sartono tetap meminta agar Pertamian bersama stakeholder lainnya untuk tetap fokus pada masalah kebakaran depo ini dan ia mengatakan dalam waktu dekat Komisi VII akan memanggil Pertamina untuk dapat duduk bersama mengevaluasi persoalan kebakaran depo pengisian BBM itu.

“Intinya, sekarang fokus pada masalah evaluasi dan investigasi serta bantu para korban terdampak akibat kebakaran dan nanti juga kita akan rapatkan dengan Pertamina bagaimana cara dan evaluasi seperti apa akan dilakukan agar persoalan ini tidak terulang kembali,” tutup legislator dapil Jatim VII ini. []

Previous articleDepo Pertamina di Plumpang Terbakar, DPR: Turut Bersedih dan Harus Segera di Investigasi oleh Aparat Hukum
Next articleUPRS VII dan JIP Dorong Pola Usaha Modern Berbasis Digital bagi Warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here