Tekan Penyebaran Corona, 46 Warga Asahan Jalani Rapid Test

Asahan, PONTAS.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan melakukan Rapid Test (tes cepat) terhadap 46 orang yang pernah berinteraksi dengan almarhum SB. Pasalnya, SB baru diketahui positif Covid-19 setelah pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut dikebumikan.

Tim juga melakukan rapid tes terhadap orang dekat Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Asahan, ML dengan istrinya yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai PDP.

“Tentang almarhum SBB yang positif Covid-19, ada 41 orang yang dilakukan uji rapid tes, mulai dari pihak keluarga, masyarakat dan bilal manyit dan untuk hasilnya seluruhnya negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Sabtu (11/4/2020).

Meskipun hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan negatif kata Rahmat, pihaknya tetap akan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan, dan wawancara dengan masyarakat terkait keluhan atau riwayat penyakit. Dan masyarakat saat ini diimbau isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

“Sedangkan untuk penetapan status PDP Kadis KBP3A Kabupaten Asahan, ML dan strinya, ada lima orang yang mengikuti Rapid Tes yakni, anak, supir dan pekerja, sedangkan hasilnya seluruhnya negatif dan bagi mereka diberlakukan isolasi mendiri 14 hari ke depan,” ujarnya.

Pihaknya kata Rahmat juga berharap peran serta masyarakat bekerja sama dengan pemerintah, dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, karena pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan yang pernah berinteraksi langsung dengan almarhum atau kepada pasien PDP.

“Kita akan tetap melakukan pengawasan dan pendataan kepada masyarakat, sehingga Covid-19 ini bisa ditekan sedini mungkin,” pungkas Rahmat.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePunya Riwayat Ginjal, PDP asal Batubara Meninggal di Tebingtinggi.
Next articleData Terkini Wabah Corona di Asahan, 4 Warga Berstatus PDP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here