Imbas Covid-19, Ketua MPR: Karyawan Hotel-Restoran Harus Ikut Kartu Pra Kerja

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR, Bambang Soesatyo meminta kepada pemerintah agar dapat memberikan bantuan kepada para karyawan hotel dan restoran yang dirumahkan akibat Covid-19.

“Mendorong pemerintah mempertimbangkan pemberian bantuan sosial kepada para pekerja hotel yang dirumahkan, mengingat banyaknya hotel yang tidak bisa membayar gaji utuh bagi para pekerjanya,” kata pria akrab disapa Bamsoet dalam keterangan pers, Jumat (10/4/2020).

Disisi lain, politikus Golkar juga mendorong pemerintah agar mengikutsertakan para pekerja hotel dan restoran terdampak Covid-19 tidak bisa bekerja kembali masuk dalam seleksi penerima kartu pra kerja.

“Mendorong pemerintah agar mengupayakan para karyawan hotel/restoran juga bisa mengikuti program kartu prakerja, namun tetap diseleksi hanya bagi karyawan yang memenuhi persyaratan untuk dapat menerima kartu prakerja tersebut,” ujar Bamsoet.

Bamsoet berharap, Kemenparkraf harus menyiapkan sejumlah strategi/upaya pemulihan dan normalisasi industri pariwisata, termasuk perhotelan, dengan memperbaiki kondisi psikologis wisatawan agar begitu pandemi berakhir, arus kunjungan kembali normal bersama sektor lain.

“Kami minta pemerintah untuk terus mempersiapkan berbagai kebijakan dan langkah untuk menangani serta mengurangi dampak wabah pandemi Covid-19, bagi pelaku dan industri yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” terang bekas Ketua DPR ini.

Terakhir Bamsoet terus mendorong pemerintah terus berupaya mengusulkan berbagai stimulus ekonomi agar dapat meringankan beban dan biaya untuk para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga dapat mengurangi potensi PHK bagi karyawan di sektor tersebut.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here