Cegah Covid-19, Kapolres Sergai Himbau Chengbeng Dilaksanakan Dirumah

Sergai- PONTAS.ID –  Ibadah Chengbeng atau Ziarah Kekuburan Leluhur bagi etnis Tionghoa, dilakukan setahun sekali dan tahun ini mulai tanggal 25 Maret 2020,hingga dua minggu kedepan.
Biasanya,areal Pekuburan Tionghoa di Kecamatan Sei Rampah,Pantai Cermin,Dolok Masihul dan lainnya,akan dipenuhi oleh peziarah  yang datang dari Sergai,bahkan dari luar kota/provinsi dan banyak yang dari luar negeri.
Tetapi kali ini,mengantisipasi kondisi Darurat Bencana akibat Virus Corona dan menindaklanjuti Maklumat Kapolri,Surat Edaran Gubernus Sumatera Utara dan Bupati Sergai,dalam kaitan ini Kapilres Sergai AKBP Robinson Simatupang menghimbau agar ibadah Chengbeng dilaksanakan dirumah,hal ini dikatakan oleh Kapilres saat menerima Tokoh etnis Tionghoa Sergai di rumah dinas, Selasa (24/3/2020).
Kapolres Sergai juga  menyampaikan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19), dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang dapat membuat perkumpulan massa atau melibatkan orang banyak.
“Sesuai maklumat Kapolri kami himbau untuk masyarakat tidak lakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak, ini juga bertujuan memutus penyebaran mata rantai virus Covid 19. Untuk itu kami mengajak para masyarakat Etnis Tionghoa agar, melaksanakan Ibadah sembhayang Chengbeng dilakukan di rumah masing,”jelas Kapolres
Kapolres juga menambahkan, bahwa maklumat Kapolri bukanlah untuk menekan masyarakat, tapi justru untuk menyelamatkan masyarakat dalam hal penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini demi kebaikan kita bersama untuk mencegah penyebaran virus Corona di  Serdang Bedagai, karna kita tidak tahu siapa yang terjangkit atau tidak,”imbuh nya.
Ketua Inti (Indonesia Tionghoa) Kab. Serdang Bedagai0 Budi Sumalin, mengatakan  para tokoh masyarakat Etnis Tionghoa di Sergai, akan mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat etnis Tionghoa disini,agar mema tuhi maklumat Kapolri dalam hal pencegahan penyebaran virus Corona,agar melaksanakan Ibadah Chengbeng di rumah masing-masing,” kata Budi Sumalim.
Polres Sergai dan Pemkab akan terus mengajak masyarakat di Serdang Bedagai, dan berbagai umat beragama lainnya untuk, tidak melakukan kegiatan dengan melibatkan jumlah massa banyak dengan tujuan, menghindari penyebaran Virus Corona(Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai.
“jika menanggulangi penyebaran virus Corona dilakukan setengah hati,maka tidak akan tuntas dan penyebaran virus Corona akan terus bertambah maka oleh karena itu kami harapkan masyarakat mematuhi Maklumat Kapolri dan Edaran Gubsu tersebut,”tandas Kapolres.
Hadir dalam kegiatan tersebut  Waka Polres Kompol Gunawan Hery Sudarto, Kabag Ops Kompol Sofyan, Para Kasat Polres Sergai, Kasubbag Humas IPDA Zulfan Ahmadi, Ketua INTI Sergai Budi Sumalim ,Tokoh Etnis Tionghoa,Budi Sumalim dan beberapa tokoh lainnya.
Penulis: Andy Ebiet
Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here