Presiden Perintahkan Tangkap Penimbun-Penjual Masker Harga Tinggi

Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk mengambil tindakan terkait langkanya masker wajah. Jokowi menyebut adanya dugaan penimbunan masker dan penjualan masker dengan harga fantastis.

“Saya juga sudah memerintahkan Kapolri untuk menindak tegas pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, yang memanfaatkan momentum seperti ini dengan menimbun, masker terutama. Ini masker dan menjualnya lagi dengan harga yang sangat tinggi,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Jokowi menekankan sekali lagi kepada para pihak yang mencari kesempatan meraup untung besar dalam kondisi seperti ini, “Hati-hati ini saya peringatkan,” tegas dia.

Jokowi sudah mengecek stok masker di pasar. Ada beberapa jenis masker yang langka.

“Menteri cek, tetapi dari info yang saya terima, stok dalam negeri kurang lebih 50 juta. Memang pada masker tertentu itu yang langka,” ucapnya.

Jokowi juga meminta masyarakat tidak membeli kebutuhan pokok berlebihan. Jokowi mengatakan perilaku tersebut justru menyebabkan terjadinya kelangkaan kebutuhan pokok.

“Masyarakat tidak perlu borong keperluan sehari-hari, justru bikin langka pembelian besar-besaran, menimbun dan memborong. Pemerintah jamin ketersediaan. Saya cek Bulog, Apindo,” ujar Jokowi.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleHujan Abu di Lereng Merapi, DPR: Penanganan Prioritaskan Keselamatan Ibu dan Anak
Next articleWabah Korona, Airlangga: Pemerintah Jamin Ketersediaan Sembako dan Obat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here