Usulan Fatwa Si Kaya Nikahi Si Miskin, DPR: Itu Ajuran Saja

Selly Andriany Gantina
Selly Andriany Gantina

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi VIII DPR, Selly Andriyana Gantina berpandangan, usulan dikemukakan Menko PMK, Muhadjir Effendy soal meminta Menteri Agama mengeluarkan fatwa si kaya harus menikahi si miskin hanya sekedar anjuran dan tak perlu ada perdebatan menjadi polemik di publik.

“Saya rasa itu statement yang baik. Hanya perlu dicatat, itu anjuran saja. Bukan usulan kebijakan. Kalau dibahas jadi kebijakan ya pasti jadi perdebatan” kata Selly di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menilai bahwa ranah tersebut bukan menjadi ranah yang harus diatur oleh Negara.

“Jodoh itu kan ditangan Tuhan, manusia seperti kita hanya berusaha. Masa mau diatur. Tidak pada tempatnya Negara masuk ke ranah privat sedalam itu” tegas mantan Wakil Bupati Cirebon ini.

Muhadjir sebelumnya mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar menerbitkan fatwa tentang pernikahan antartingkat ekonomi. Menurut dia hal ini bisa mencegah peningkatan angka kemiskinan.

Menurut Muhadjir, ada ajaran agama yang kadang-kadang disalahtafsirkan. Di antaranya mencari jodoh yang setara. “Apa yang terjadi? Orang miskin cari juga sesama miskin, akibatnya ya jadilah rumah tangga miskin baru, inilah problem di Indonesia.”

Sehingga ia menyarankan Menteri Agama membuat fatwa. “Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin,” tutur Muhadjir Effendy dalam sambutannya di Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here