Kata Erick Thohir Soal Kriteria Bos Inalum yang Baru

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan, pihaknya belum memutuskan siapa yang bakal menjadi Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Untuk diketahui, Direktur Utama Inalum sebelumnya, adalah Budi Gunadi Sadikin, yang kemudian ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri BUMN.

Menurut Erick, ada beberapa kriteria yang akan menduduki bos Holding BUMN Pertambangan tersebut.

“Kita mengharap dia (Dirut Inalum) punya background financial yang kuat. Karena sebagai holding dia juga harus mengerti kondisi keuangan dari anak perusahaan,” kata Erick, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurut dia, hal ini penting sebabnya Inalum saat ini menjadi induk usaha dan juga pemimpin holding di sektor tambang serta minyak dan gas atau MIND.ID. Latarbelakang di sektor finansial penting untuk memahami kondisi keuangan dari anak usaha termasuk perusahaan di bawah holding.

Kemudian yang kedua, sambung Erick, calon direktur utama Inalum juga harus memahami industri pertambangan. Pasalnya, Inalum merupakan holding yang membawahi berbagai perusahaan di sektor tambang dan minyak serta gas.
Dari kriteria di atas, Mantan Ketua Inasgoc ini sebenarnya sudah memiliki nama yang akan mengisi bos Holding Tambang. Hanya saja dirinya belum mau menyebutkan nama tersebut termasuk juga kapan akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) nya.
“Yang pasti, harus orang yang punya latar belakang di pertambangan. Apalagi diverifikasi kan banyak, ada batu bara, dan lain-lain,” tuntas Erick.

Penulis: Ririe

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here