Harga Batu Bara Oktober Turun, ESDM: Pengusaha Kecil Pada Kolaps

Ilustrasi Batubara

Jakarta, PONTAS.IDBulan Oktober 2019 ini, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan Harga Batu bara Acuan (HBA) sebesar USD 64,80 per ton. Adapun, harga acuan tersebut turun tipis dibandingkan September 2019 senilai USD 65,79 per ton.

Jika dibandingkan dengan Agustus 2019 yang tercatat USD 72,67 per ton, maka penurunan harga acuan batu bara sudah mencapai 10 persen.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, mengatakan, akibat penurunan harga batu bara tersebut menyebabkan produsen batubara, khususnya yang berskala kecil, akan mempertimbangkan ulang jika ingin menggenjot produksi.

“Produksi ini juga susah ditebak ini, karena harga turun. Biasanya yang kecil-kecil pada kolaps, enggak produksi” kata Bambang, di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Menurut Bam‎bang, penurunan harga batu bara juga membawa dampak pada penurunan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Namun, ia berharap, akan ada perbaikan harga sehingga target PNBP 2019 dapat tercapai daam sisa waktu tiga bulan.

“‎Iya, pengaruh ke PNBP, turun. M‎oga-moga sampai, masih ada 3 bulan lagi, semoga tercapai,” tukasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here