Pertamina Bakal Borong Minyak ExxonMobil di Blok Cepu

Salah satu kilang Pertamina

Jakarta, PONTAS. ID – PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan untuk membeli minyak mentah jatah ExxonMobil yang diproduksikan dari Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu. Hal tersebut diungkapkan oleh Dwi Soetjipto, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Jika tidak ada halangan, kata Dwi, maka pengapalan minyak pertama ke Pertamina akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Tanggal 20 September pengapalan pertama,” kata Dwi ,di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin (16/9/2019).

Diketahui sebelumnya, Pertamina ‘enggan’ membeli minyak mentah ExxonMobil di semester II 2019, alasannya karena jenis minyak tersebut tidak cocok dengan kilang Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, pun membenarkan pihaknya membeli minyak mentah dari ExxonMobil untuk diolah di kilang RU V Balikpapan. Ia mengatakan, jumlah untuk kontrak pembelian kali ini mencapai 650 ribu barel.

“Ya benar (membeli minyak ExxonMobil), itu untuk diolah di kilang RU V Balikpapan, (jumlahnya) 650 ribu barel periode September 2019,” beber Fajriyah, saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2019).

Diketahui,  Pertamina membeli minyak mentah jatah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di dalam negeri setelah tebitnya Peraturan Menteri ESDM No 42 Tahun 2018 tentang prioritas pemanfaatan minyak bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Hingga awal Agustus lalu, total volume minyak mentah yang telah dibeli perseroan mencapai 123,6 ribu barel bph dari 39 KKKS.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

Previous articleKebut Garap Sakakemang, Repsol Ajukan Sertifikasi Cadangan
Next articleKemarau Panjang, Pemkab Tangerang Distribusikan Air Bersih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here