Kukuhkan 6 Korcam, Ribuan Pendekar Banten Padati Islamic Centre

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Pendekar Banten Korda II Jakarta Utara, Gugun Rachmat R, mengukuhkan kepengurusan enam Koordinator Kecamatan (Korcam) se Jakarta Utara, Acara pengukuhan ini disaksikan Ketua Pendekar Banten Korda I Jakarta Bekasi Karawang (Jabeka), TB Hendra Suherman.

“Keberadaan Pendekar Banten tujuannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia khususnya pencak silat,” ungkap Gugun kepada wartawan usai acara pengukuhan di aula Islamic Centre, Jakarta Utara, Minggu (21/7/2019) siang.

Dijelaskan Gugun, pencak silat sebagai warisan budaya harus tetap dipertahankan dengan sepenuh hati oleh pihaknya. Selain untuk menjaga keutuhan bangsa melalui seni budaya, juga untuk menjaga jati diri bangsa Indonesia yang kaya dengan warisan-warisan seni budaya seperti pencak silat.

Gugun menambahkan, dengan jumlah anggota yang saat ini telah mencapai 8 ribu orang, pihaknya optimistis tradisi bela diri pencak silat akan menjadi ikon bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya di tengah-tengah kemajuan dunia yang telah memasuki era industri 4.0.

“Kita optimistis, pencak silat akan semakin berkembang secara luas baik di tingkat nasional maupun tingkat dunia. Pendekar Banten dengan segala potensi yang ada akan membuktikan hal tersebut, tentunya dengan dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di masa lalu, ilmu beladiri menjadi syarat dalam pergaulan sosial kemasyarakatan. Berawal dari situlah bermacam perguruan silat semakin banyak ditemui di seantero Nusantara, termasuk daerah Banten.

Tak salah bila daerah ini terkenal menghasilkan pendekar-pendekar Nusantara dengan keahlian yang sangat tinggi.

Selain sebagai warisan budaya asli Indonesia, teknik beladiri yang bernama pencak silat tersebut hingga kini masih tetap digunakan dan bahkan dijadikan sebagai identitas yang membedakan jenis ilmu bertarung dari wilayah lainnya.

Hal ini menjadi sejarah panjang tentang kearifan lokal yang menjadi ciri khas Banten hingga berabad-abad dan menjadikan Banten layak disebut sebagai gudangnya para pendekar di masa lalu.

Meski telah beralih zaman, pesona dan identitas Banten sebagai negerinya para jawara tak akan pernah pudar tergerus oleh waktu.

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here