IISMEX 2019, Plt. Bupati Labuhanbatu Siap Terapkan Smart City

Jakarta, PONTAS.ID –  Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe menghadiri kegiatan acara Pembukaan IISMEX (Indonesia International Smart City Expo & Forum) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Rabu (17/7/2019).

Dalam arahannya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa Kota Cerdas (Smart City) merupakan cerminan dari pimpinan/kepala daerah cerdas dan masyarakat yang cerdas, “Kota Cerdas akan timbul, apabila Bupati/Walikotanya cerdas, apapun teknologinya, tidak akan terjadi jika kepala daerahnya tidak cerdas,” ungkapnya.

Konsep kota cerdas merupakan bagian dari meningkatkan ekonomi yang adil bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan inovasi dan inisiatif Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing.

“Usaha pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi daerah, memberikan inisiatif, tentu bagian yang penting untuk kemajuan kita semua. Meningkatkan kemakmuran yang adil hanya dengan seluruh masyarakat dapat bagian dari kemajuan ekonomi itu sendiri. Semua itu dapat terwujud melalui Pemda yang inisiatif dan inovatif, itulah kota cerdas,” imbuhnya.

Menurut Wakil Presiden, Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) Jakarta, 2019 merupakan kegiatan pameran dan forum yang menampilkan konsep serta inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup, sehingga akan membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable).

Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe disela-sela acara pembukaan tersebut berharap nantinya kegiatan IISMEX 2019 yang akan berlangsung dari tanggal 17 s/d 19 Juli 2019 ini dapat memberikan motivasi dan inovasi terbaru untuk mempercepat pembangunan daerah Kabupaten Labuhanbatu khususnya dibidang teknologi, sehingga mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sekarang sudah zaman teknologi, kita harus bisa menyesuaikan, kita akan berusaha membangun kekuatan teknologi informasi secara bertahap agar bisa sejajar dengan daerah lain yang sudah maju, tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini kita masih lemah dalam hal teknologi informasi, kata Andi Suhaimi.

Acara pembukaan yang turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkominfo Rudiantara, Plt. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, dan sejumlah pejabat Kementerian/Lembaga terkait serta Gubernur dan Bupati/Walikota itu dihiasi dengan pemberian penghargaan.

Plt. Bupati turut didampingi Kadis Kominfo Muhammad Ihsan Harahap, Kepala Balitbang Hobol Zulkifli Rangkuti, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zaid Harahap, dan Kabid Layanan Infrastruktur Dasar Data Center, Disaster Recovery Center dan TIK Dinas Kominfo Labuhanbatu Hamdi Muhammad Siregar.

Penulis: Rizaldy Jow
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here