Bertahun-tahun Jalan Rusak Parah, Petani Sipispis Resah

  – Warga Kecamatan Sipispi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara kembali resah saat curah hujan kembali meningkat. Pasalnya, jalan akses utama yang menghubungkan empat dusun tersebut akan kembali sulit dilalui lantaran bertahun-tahun tidak diperbaiki.

“Kami minta Pemkab Sergai segera memperbaiki jalan yang sudah bertahun tahun rusak parah. Karena jalan inilah satu satunya  jalan kami melintas membawa hasil pertanian kami menuju kota Tebingtinggi,” ungkap warga sekitar bermarga Saragih, kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

Sepengetahuan pihaknya, lanjut Saragih, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD), miliaran rupiah untuk program pembangunan infrastruktur pembangunan desa.

“Tapi nyatanya, jalan kami sudah bertahun tahun kondisinya rusak parah, tanpa ada perbaikan dan perhatian pemerintah,” ketus warga.

Dikatakan Saragih, bila hujan turun, jalan tersebut berubah menjadi kubangan sehingga sulit untuk dilalui. “Bahkan beberapa warga sering terjatuh saat melintasi jalan ini, karena becek dan licin,” kata Saragih.

Sementara itu, Kepala desa Damak Urat, Edi Purba, membenarkan kerusakan jalan yang terjadi di desanya.

“Kami juga berharap agar jalan desa segera diperbaiki. Karena jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten. Kewenangan dan hak perbaikan jalan tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten,” kata Purba.

Penulis: David Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here