Kemendag: Harga Bahan Pokok di Pasar Beringharjo Stabil

Ilustrasi Kebutuhan Pokok

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana memantau stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Kamis (2/5/2019) pagi.

“Dari hasil pantauan tadi, bahan kebutuhan pokok relatif stabil. Bahkan ada yang turun, seperti bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit,” kata Indrasari Wisnu Wardhana.

Harga bawang merah dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg.  Sedangkan harga cabai merah besar turun dari Rp33.300 per kg menjadi Rp31.600 per kg.

Sedangkan harga ayam potong di Yogyakarta masih di bawah harga acuan, yaitu Rp 35 ribu per kg. Harga ayam potong di Pasar Beringharjo saat ini masih di kisaran Rp32 ribu-Rp34 ribu per kg. Harga beras juga stabil di kisaran Rp9.100 sampai Rp14 ribu per kg, sesuai kualitasnya. Harga gula pasir juga stabil di kisaran Rp11.800 per kg.

Harga bawang putih yang tadinya tinggi sudah mulai turun walaupun masih mahal. Harga awal  Rp55.000 per kg menjadi antara Rp52 ribu hingga Rp 54 ribu per kg. Operasi pasar yang telah dilakukan membuat harga bawang putih turun walau tidak signifikan. Pasalnya, bawang putih yang dikeluarkan di operasi pasar hanya 8 ton. Padahal, kebutuhan bawang putih untuk operasi  pasar di Yogyakarta mencapai 30 ton.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, harga bawang putih akan turun karena para pedagang akan mengeluarkan stok bawang putih yang dimiliki dan masuknya bawang putih impor.

“Impor bawang putih sudah masuk hari ini atau besok di pelabuhan, mungkin sebelum puasa sudah masuk ke pasar-pasar,” kata dia.

Ia yakin harga kebutuhan pokok bisa dipertahankan seperti lebaran
dua tahun terakhir.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleJokowi Resmikan Waduk Gondang
Next articlePemerintah Kembangkan Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Berkelanjutan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here