Pangan Hingga Transportasi Jelang Ramadhan Aman

Menko Perekonomian Darmin Nasution, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah memastikan mulai dari sektor pangan hingga transportasi aman terkendali jelang bulan Ramadan dan Lebaran.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan bahwa inflasi harga pangan di bulan ramadan dan lebaran dalam kurun waktu dua tahun terakhir (2017-2018) mengalami penurunan. Jika sebelumnya inflasi di bulan Ramadan bergerak di angka 0,5%, dua tahun terakhir ini inflasi mulai turun di angka 0,39% (2017) dan 0,21% (2018).

Begitu pula inflasi di bulan Lebaran. Sebelumnya, inflasi bergerak di atas 0,9%, dua tahun terakhir ini mulai turun secara bertahap di angka 0,69% (2017) dan 0,59% (2018). “Jadi terlihat jelas bahwa pemerintah berhasil mengendalikan secara bertahap semakin stabil dan semakin rendah inflasinya,” kata Darmin dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Ia menyampaikan bahwa perkembangan harga-harga di sektor pangan tidak ada masalah jelang Ramadan dan Lebaran. “Pada dasarnya kalau barang-barang kebutuhan yang paling utama itu kelihatannya praktis tidak ada masalah yang berarti,” jelas Darmin.

Kendati demikian, ia meminta Bulog agar menjaga ketersedian stok dan stabilisasi beberapa harga pangan seperti beras, minyak goreng, daging, gula dan bawang merah, bawang putih, serta cabai merah. Bulog juga diharapkan mengambil peran dalam menstabilkan harga dengan tetap memperhatikan kepentingan baik produsen maupun konsumen.

Adapun terkait masalah transportasi, terutama terkait dengan harga tiket pesawat, Darmin mengakui bahwa perlu ada aturan yang jelas mengenai batas atas dan batas bawah agar dipatuhi semua pihak.

Sementara itu, terkait stok dan ketersediaan BBM, kata Darmin, relatif aman terkendali. “Mengenai BBM, dari segi stok dan ketersediaan tidak ada persoalan sehingga kita tidak melihat ada masalah yang serius,” pungkasnya.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleKabupaten Ogan Ilir jadi Percontohan PLTBm
Next articleMenperin: Perpres Kendaraan Listrik akan Turun Tahun Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here