Resmikan Tol Tebingtinggi-Sei Rampah, Rini: BUMN Milik Rakyat

Tebingtinggi, PONTAS.ID – Menteri BUMN Rini Sumarno didampingi Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, melepas peserta kegiatan jalan santai sebagai simbol peresmian gerbang tol (GT) Tebingtinggi – Sei Rampah, Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Minggu (24/3/2019).

“BUMN adalah milik negara, berarti juga milik rakyat dan milik kita semua. Untuk itu BUMN harus bisa mendapatkan keuntungan agar dapat diturunkan kepada generasi penerus,” kata Rini saat melepas peserta jalan santai.

Rini menyampaikan, saat dirinya dilantik menjadi Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia diberi amanah agar BUMN kedepanya harus betul-betul bisa berkiprah sebagai perusahaan yang profesional.

Dijelaskan Rini, dalam proses untuk membangunan jalan tol Tebingtinggi, Pemerintah membutuhkan waktu selama 4 tahun. “Dan mulai hari ini hingga 21 April 2019, jalan tol dapat digunakan oleh masyarakat,” ujarnya

Rini menambahkan, selama 4,5 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, BUMN sudah berhasil meraih laba Rp.190 triliun pada tahun 2018, dari sebelumnya Rp.143 triliun pada tahun 2014.

Aturan Tarif
Diresmikan bertepatan dengan HUT ke21 BUMN, tol yang dikelola PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) ini ke depannya akan menerapkan tarif sesuai aturan yang berlaku.

“Hingga tanggal 21 April, ruas ini tidak dikenakan tarif, jadi memakai tarif Sei Rampah saja untuk masyarakat,” ungkap Direktur Utama JMKT Agus Suharjanto.

Dia menjelaskan sejak 14 Maret, Kemen PUPR telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang tarif sebesar Rp.982 per kilometer, sehingga total tarif GT Tanjung Morawa hingga GT Tebingtinggi, mencapai Rp.54 ribu.

Sebelumnya, ruas tol ini telah dipergunakan secara fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 lalu.

Agus menyampaikan selama dipergunakan sebagai tol fungsional, kebanyakan masyarakat memilih keluar di GT Tebingtinggi untuk meneruskan perjalanan ke Sei Mangke ataupun daerah lain.

“Karena menghindari kemacetan di pasar, pastinya ini akan membantu arus logistik juga, karena memangkas waktu tempuh hanya 1,5 jam dari Medan,” ungkapnya.

Dirut PT. Jasa Marga (Persero) Tbk., Desi Arrayani, Dirut PT. Inalum Budi, Gunadi Sadikin dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati serta para pejabat eselon I Kementerian BUMN.

Penulis: Hormianna br. Purba
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here