Perangi Limbah Plastik, Musrenbang di Pademangan tanpa Air Kemasan

Jakarta, PONTAS.ID – Ada yang berbeda saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Pademangan Barat, Kamis (14/2/2019).

“Kegiatan ini tidak lagi menyediakan air mineral gelas atau botol plastik, yang biasa disediakan dalam kotak snack,” kata Kasi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Pademangan Barat, Erniwati di Pademangan, Kamis (14/2/2019).

Erniwati mengatakan, hal itu sengaja dilakukan demi mengurangi sampah plastik. Sebab disadarinya, sampah plastik selalu menjadi polemik lingkungan.

“Kita sadari sampah plastik ini selalu menumpuk di saluran air. Setiap kita bersihkan selalu banyak sampah plastik,” kata Erniwati.

Dengan begitu, dia menyiasati penyediaan dispenser air mineral galon, gelas kaca dan cangkir pada pelaksanaan Musrenbang kali ini. Terkadang juga memakai gelas berbahan kertas yang limbahnya dapat manfaatkan untuk kreatifitas Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

“Kalau gelas kertas bisa kita manfaatkan lagi. Jadi barang-barang kreatif oleh tim TP PKK,” terangnya.

Dia berharap, apa yang dicontohkan ini dapat ditiru masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Pademangan Barat. Sosialisasi serupa pun tak pernah berhenti dilakukan pada setiap pertemuan hingga tingkat RT/RW.

“Di setiap undangan acara apa saja selalu kita tulis dibawah suratnya untuk membawa Tumbler (wadah minum). Jadi peserta acara sudah mempersiapkan sebelumnya,” tutupnya.

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here