Pertama Kali, FSQ Kabupaten Sergai Terpisah dari MTQ

Bupati Sergai Soekirman saat membuka acara FSQ di lapangan sepakbola Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (12/2/2019)

Sergai, PONTAS.ID – Penyelenggaraan Festival Seni Qasidah (FSQ) XVI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 15 Februari 2019, merupakan moment yang pertama kali dilaksanakan terpisah dari MTQ.

Hal ini dimaksudkan agar kemeriahannya dapat lebih dirasakan seluruh wilayah kecamatan se-Kabupaten Sergai serta diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Sergai Soekirman mengawali sambutannya pada pembukaan FSQ di lapangan sepakbola Desa Paya Mabar, Kecamatan Tebingtinggi, Selasa (12/2/2019).

Dijelaskan Soekirman, Qasidah memang tidak sepopuler musik lainnya seperti band maupun keyboard yang selalu hadir di tengah-tengah keramaian. Namun, generasi muda diharapkan mampu memilih dan memilahnya serta mengembangkan seni qasidah agar lebih berharga dan bergengsi sekaligus sebagai wadah pembinaan.

“Apalagi akhir-akhir ini sudah sampai pada tahap mencemaskan. Budaya luar sudah lebih mendominasi oleh kalangan generasi muda melalui teknologi informasi. Bagi yang tidak cerdas dalam menyikapinya dapat berakibat fatal,” kata Bupati mengingatkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan agar pada Pemilu April 2019 mendatang, seluruh masyarakat Sergai dapat menjaga kekompakan, keharmonisan serta persatuan dan kesatuan. Juga harus mampu menjaga kondusifitas serta keamanan dengan tidak mudah terpecah dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

“Sehingga pelaksanaan pemilihan nantinya dapat terselenggara dengan damai dan aman,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Sekdakab Sergai melalui Asisten Ekbangsos Kaharuddin melaporkan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa Islami serta sebagai media penyebarluasan dakwah Islam guna meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Adapun tema yang diangkat adalah “Melalui FSQ XVI tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2019 kita lestarikan Seni dan Khasanah Budaya Islam dalam membangun generasi yang Unggul dan Bermartabat”

Dan terdapat 10 cabang yang di perlombakan, yaitu cabang vokalis anak-anak putra 13 orang, cabang vokalis anak-anak putri 13 orang, cabang vokalis remaja putra 13 orang, cabang vokalis remaja putri 13 orang.

Kemudian, cabang vokalis dewasa putra 13 orang, cabang vokalis dewasa putri 13 orang. Cabang Qasidah klasik remaja putra 8 kelompok, cabang Qasidah klasik remaja putri 10 kelompok, cabang Qasidah klasik dewasa putra 3 kelompok.

Dan terakhir cabang Qasidah klasik dewasa putri yang diikuit 6 kelompok.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here