Temui Menpar, Rajekshah Bahas SDM Pariwisata Sumut

Medan, PONTAS.ID – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, menginginkan terwujudnya peningkatan industri pariwisata di Sumatera Utara. Peningkatan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi fokus utama Wagubsu.

“Program tahun 2019 di bidang pariwisata dalam upaya mendatangkan wisatawan baik melalui peningkatan kualitas event maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata,” kata Wagubsu dalam keterangan tertulisnya, saat bertemu Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut Wagubsu yang juga akrab disapa Ijeck ini, pelaku industri pariwisata di Sumut saat ini sangat membutuhkan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan.

“Agar para pengelola destinasi pariwisata mampu memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya  mengatakan pihaknya  selama ini telah memberikan perhatian yang cukup besar kepada pariwisata Sumut.

“Ke depan  Kemenpar akan melaksanakan beberapa kegiatan yang tujuannya memajukan sumber daya manusia bidang pariwisata dan penataan destinasi dengan melibatkan kabupaten /kota  serta pemerintah provinsi,” kata Menteri.

Terpisah Kadis Budpar Sumut Wan Hidayati menyebutkan,  pihaknya  segera menindak lanjuti arahan Menteri Pariwisata serta arahan Wagubsu untuk melakukan pembinaan secara berkesinambungan guna peningkatan SDM Pengelola Destinasi Pariwisata di Sumut.

“Kita akan segera melakukan kordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk segera melakukan pembenahan dunia pariwisata,” katanya singkat.

Dalam kegiatan ini turut hadir, Kadis Budpar Sumut Wan Hidayati, Kepala Balitbang Sumut Ahmad Efendy Phan, Direktur Utama Badan Pengelola Otorita Danau Toba Arie Prasetyo serta Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Disbudparsu Muchlis.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here