Menteri Susi: Di ASEAN Indonesia Urutan 1 Sektor Perikanan

Pasar Ikan, (Foto: Ist).

Jakarta, Beritasatu.com – Indonesia kini diyakini menjadi pemimpin dalam sektor perdagangan perikanan di ASEAN, ditandai dengan meningkatnya neraca perdagangan perikanan nasional.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, dalam 4 tahun terakhir pemerintah berhasil mencatatkan prestasi terbaik di sektor kelautan dan perikanan.

“Neraca perdagangan perikanan Indonesia yang tadinya nomor buntut sekarang nomor 1 di Asia Tenggara,” kata Susi usai penandatanganam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan TNI tentang Penguatan Ketahanan Pangan dan Pengamanan Sektor Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Susi Pudjiastuti memaparkan ekspor ikan Indonesia naik 10-12%, sementara itu stok ikan di dalam negeri juga bertambah menjadi dua kali lipat.

“Nilai tukar usaha perikanan juga meningkat dari 104 jadi 128,” ujar Menteri Susi.

Susi mengatakan neraca perdagangan komoditas perikanan RI kini mengalahkan Thailand dan Vietnam. Sementara itu, konsumsi ikan Indonesia naik dari 37 kg menjadi 50 kg per kapita.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Menteri Susi dan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan TNI bekerja sama dalam penguatan ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan.

Ruang lingkup nota Kesepahaman tersebut meliputi pelaksanaan program penguatan ketahanan pangan dan pengamanan serta pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Nota Kesepahaman berlaku dalam jangka waktu lima tahun terhitung sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan evaluasi sesuai kesepakatan para pihak.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here