Semarak HUT Ke 15, Pemkab Sergai Gelar EXPO

Bupati Sergai Soekirman, mantan Gubsu T Erry Nuradi dan Ketua PKK, Marliah Soekirman menggunting pita tanda dibukanya Expo Sergai 2019, Minggu (6/1/2019)

Sergai, PONTAS.ID – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Expo 2019 menyambut HUT Sergai ke 15 yang jatuh pada tanggal 7 Januari 2019 di alun-alun Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun kecamatan Pegajahan, Minggu (6/1/2019). Ini menjadi Expo yang pertamakali digelar sejak Sergai dimekarkan dari kabupaten Induk Deli Serdang.

Sebelumnya dilaksanakan karnaval yang diikuti oleh peserta dari 17kecamatan, berlangsung di kota Perbaungan. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sergai Soekirman, mantan Bupati Pertama sekaligus mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) T Erry Nuradi, Wabup Sergai Darma Wijaya, Forkopimda Sergai, Tokoh Pemekaran dan undangan lainnya.

Bupati Sergai Soekirman mengatakan, Kabupaten Sergai akan maju jika didukung dengan segenap elemen masyarakat dan kreativitas dari berbagai kecamatan ini dapat diabadikan, sehingga pawai karnaval budaya dapat dijadikan program pada momentum tahunan yang mampu mendatangkam wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Tahun ini,Insya Allah akan dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung yang letaknya persis di Perkebunan Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah.Bahwa initi dari gelaran Sergai Expo Tahun 2019 ini adalah Ekonomi kerakyatan sehingga mendatangkan peluang pengenalan produk potensi daerah. Mari jadikan Sergai Expo ini sebagai pusat informasi dan sarana pusat promosi potensi daerah,”kata Soekirman.

Sementara itu, mantan Bupati Sergai Pertama T. Erry Nuradi mengungkapkan kalau dulunya Sergai ini termarjinalkan dari daerah lain, barulah setelah mekar dari kabupaten induk Deli Serdang dan mempunyai banyak prestasi.

“Ini tidak terlepas dari peran kepeimpinan Bupati dan Wabupnya sudah selayaknya kita mendukung program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah,karena tentunya itu untuk kepentingan masyarakat juga,kata Erry.

Demikian halnya dengan Ketua Pelaksana Kegiatan, Nina Deliana yang juga Kadis Perindagsar Sergai dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan Sergai Expo ini sebagai pusat informasi tentang pembangunan dan infrastruktur di Sergai.

“Kemudian menjadikan Sergai Expo sebagai pusat perbandingan untuk daerah lain.Pada kegiatan Sergai Expo ini banyak menampilkan berbagai produk UKM maupun potensi-potensi yang ada di setiap daerah se- Sergai,” kata Nina.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 6-12 Januari 2019, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat. Kegiatan ini juga dirangkai dengan talkshow dan bisnis matching.

Usai membuka Sergai Expo, Bupati Soekirman beserta rombongan meninjau stand Sergai Expo yang diisi oleh OPD Pemkab Sergai, Stakeholder, BUMN, Perbankan, Universitas, UMKM, Kabupaten Deli Serdang, Pemko Tebing Tinggi, Kabupaten Dairi, Pemko Siantar, Pemprovsu, dan Pemko Bandung, Jawa Barat.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here