Kunjungi Jatim Prabowo-Sandi Lakukan Napak Tilas Resolusi Jihad

Prabowo-Sandi Berkunjung ke Ponpes Tebu Ireng bertemu Gus Solah

Surabaya, PONTAS.ID – Calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno kali ini melakukan safari politiknya di Jawa Timur (Jatim).

Dalam kunjungannya, Prabowo dan Sandiaga bersama rombongan akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang dimulai dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

“Dalam agenda di Jawa Timur kali ini, Pak Prabowo dan Pak Sandi akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy’ari untuk melawan penjajah dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kegiatan tersebut dimulai dengan apel 5000 santri di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang,” kata Ketua DPP Partai Gerindra, Chusni Mubarok di Surabaya, Senin
(22/10/2018).

Chusni menjelaskan, semangat Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sangat terinspirasi dari resolusi jihad itu. Sebab, cikal bakal semangat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak terlepas dari resolusi jihad tersebut.

“Bagi pak Prabowo dan pak Sandi resolusi jihad merupakan tonggak perjuangan dan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari pertempuran 10 November 1945 melawan penjajah yang kini menjadi hari pahlawan nasional. Karena, resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy’ari dan di sambut dengan pekik semangat yang digelorakan oleh Bung Tomo membuat arek-arek Suroboyo beserta para laskar santri dari berbagai daerah di tanah Jawa gigih berani melawan penjajah pada pertempuran 10 november 1945,” papar Chusni.

Chusni yang juga merupakan Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor itu menjelaskan, dalam kegiatan napak tilas resolusi jihad tersebut Prabowo dan Sandi juga akan bersilahturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah dan dilanjutkan berziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari.

“Setelah bersilahturahmi dengan Gus Solah, dan berziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari, Pak Prabowo dan Pak Sandi juga akan menyapa dan berdialog dengan para santri di Ponpes Tebu Ireng. Setelah itu pak Prabowo dan pak Sandi juga akan mengunjungi Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang untuk bersilahturahmi dengan para pengurus pondok pesantrennya serta berziarah ke makam KH Bisri Syansuri yang juga merupakan seseorang ulama besar di Jawa Timur,” papar Chusni yang juga Caleg DPR RI partai Gerindra dari Dapil Malang Raya itu.

Setelah itu, Prabowo dan Sandi juga akan melanjutkan perjalanannya ke pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Disana, mereka akan melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus pendiri organisasi islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama yakni KH Wahab Chasbullah yang rencananya akan didampingi langsung oleh putra Mbah Wahab yakni KH Hasib Wahab Chasbullah.

“Kegiatan silaturahmi kepada para Kyai dan santri serta ziarah ke makam para pejuang bangsa itu merupakan rangkaian kegiatan napak tilas resolusi jihad yang akan dilakukan oleh Pak Prabowo dan Pak Sandi selama di Jawa Timur ini. Selain itu acara napak tilas ini juga dimeriahkan dengan pawai kendaraan jeep dari Jombang menuju Tugu Pahlawan Surabaya, sebagai simbol semangat perjuangan dan perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan,” tandasnya.

Previous articleKementan Diminta Evaluasi Lahan Pertanian Indonesia
Next articleMenteri Susi: Sandiaga Ngomong Lagi Saya Tinggal Tidur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here