Paripurna Pengunduran Diri Sandiaga Uno Digelar Senin Depan

Jakarta, PONTAS.ID – DPRD DKI Jakarta menggelar rapat badan musyawarah (Bamus) dalam rangka penetapan jadwal paripurna pengumuman pengunduran diri Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Rencananya, sidang tersebut akan digelar pada Senin (27/8/2018) mendatang.

“Pengunduran diri wakil gubernur DKI Jakarta masa bakti 2017-2022, Paripurnanya akan diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus 2018 pukul 13.00 WIB,” kata Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik yang memimpin rapat Bamus di gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dalam rapat yang turut dihadiri jajaran eksekutif Pemprov DKI itu, diputuskan bahwa judul paripurna yang sebelumnya ‘pengunduran diri’ menjadi ‘pernyataan berhenti’. Hal tersebut pun disepakati para peserta rapat.

“(Diubah) jadi pengumuman pernyataan berhenti wakil gubernur DKI Jakarta,” ujar pria yang juga merupakan Ketua DPD Gerindra DKI itu.

Setelah menetapkan tanggal dan waktu sidang, Taufik bertanya kepada jajaran sekretaris dewan apakah Sandiaga Uno harus hadir dalam paripurna nanti.

Kemudian, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengambil alih dan menyebut mantan Wagub yang mundur karena mencalonkan diri sebagai wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 itu diwajibkan hadir untuk membacakan sendiri pernyataan berhentinya.

“Jadi wajib (hadir), kita pernah punya pengalaman Pak Jokowi (mantan Gubernur DKI Joko Widodo) mengundurkan diri, jadi tolong Pak Sandi diundang untuk mengucapkan pemberhentian berhenti menjadi wakil gubernur. Itu dibacakan sendiri oleh Pak Sandiaga Uno,” terang Prasetio.

Sebelumnya, Sandiaga menyerahkan surat pernyataan mengundurkan diri sebagai wakil gubernur terhitung mulai 9 Agustus 2018. Dia menyerahkannya langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelum mendaftar capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8/2018).

Surat pengunduran diri itu diserahkan ke pihak DPRD DKI Jakarta dan diparipurnakan. Kemudian juga dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar dikabarkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak lain adalah pesaingnya pada Pilpres 2019.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here