Anies Baswedan Resmikan Masjid Blok B Pasar Tanah Abang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) saat meresmikan Masjid Jami' Fatahillah di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jumat (13/7/2018) meresmikan Masjid Jami’ Fatahillah yang terletak di Blok B, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Peresmian ini sebenarnya sempat tertunda, dan masjid sudah terlebih dahulu dipergunakan untuk menunaikan ibadah shalat oleh warga sekitar.

Dalam sambutannya Anies berharap dengan adanya masjid tersebut, warga masyarakat, baik itu para pedagang maupun pembeli yang berbelanja di Blok B Pasar Tanah Abang dapat berinteraksi lebih baik lagi, terutama dalam lingkup keagamaan. Sehingga nantinya bisa meningkatkan hubungan sosial antar warga di masjid.

“Bismillahirrahmanirrahim, Masjid Jami’ Fatahillah, Pasar Blok B Tanah Abang secara resmi digunakan. Kita bersyukur bahwa masjid yang dibangun di kawasan Blok B ini telah digunakan sebagai kegiatan ibadah,” kata Anies meresmikan masjid tersebut yang dilanjutkan dengan menandatangani batu prasasti peresmian Masjid Jami’ Fatahillah.

Dia lantas berujar, bahwa masjid tersebut bisa lebih diperluas lagi penggunaannya. Tidak hanya untuk menunaikan ibadah shalat saja. Terlebih lagi masjid tersebut dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan dan taman pendidikan Al Qur’an (TPA), serta tempat penitipan anak. Anies menilai, 2 ruangan itu bisa meningkatkan hubungan sosial antar warga.

“Masjid di pasar itu berbeda dengan masjid yang di kampung-kampung. Kalau yang di pasar, yang hadir adalah pelaku ekonomi, karena itu interaksinya di masjid ini bisa diperluas. Kalau dikelola dengan baik, silaturahim dalam perniagaan, dalam hubungan sosial dan tingkatan di masjid, Insya Allah nantinya akan bermanfaat dunia akhirat,” tutur dia.

Lebih lanjut Anies pun menceritakan, bahwa banyak tamu yang berkunjung dari sejumlah negara ke Jakarta, kagum dengan keberadaan masjid di ibu kota. Selain dari segi desain atau arsitektur, para tamu tersebut katanya mengagumi karena ada banyak masjid yang dibangun di perkantoran atau pusat perbelanjaan seperti di Tanah Abang itu.

“Berapa kali ketika kami menerima tamu dari berapa negara, kekaguman banyaknya masjid di kantor-kantor, di pusat perniagaan. Kemudian saya katakan, itu karena perkantoran tetap aktivitas di Hari Jumat. Sementara setiap Jumat, umat muslim menjalani Shalat Jumat. Kalau (kantor) libur Jumat, enggak ada yang Jumat-an disitu kan,” ucapnya.

Oleh karena itu, Anies juga berharap agar masjid di area pusat perbelanjaan seperti ini, tidak hanya ramai di Hari Jumat saja (Shalat Jumat). Pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menginginkan agat setiap hari masjid di Blok B Pasar Tanah Abang tersebut ada kegiatan ibadah di setiap harinya.

“Sekarang PR (pekerjaan rumah) kita menjaga agar kegiatanya bukan hari Jumat, kegiatannya sepanjang waktu. Kalau di perumahan, Subuh sampai Isya ada kegiatannya. Meskipun Subuh enggak padat, tapi kesehariannya enggak kalah dengan masjid di kampung. Jadi mari kita jadikan masjid ini tempat kita beramal jariah yang panjang,” jelas Anies.

Editor: Risman Septian

Previous articleIndustri Manufaktur Berbasis Sumber Daya Alam Mengalami Surplus
Next articleKunjungi Palembang, Presiden Jokowi Uji Coba LRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here