Evakuasi Sulit, Kebakaran Gedung Kemenhub Tewaskan Empat Pekerja

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Administrasi Jakarta Pusat, usai memadamkan kebakaran Gedung Kemenhub, Minggu (8/7/2018)

Jakarta, PONTAS.ID – Gedung Karya Lantai 1 Kementerian Perhubungan pada Minggu (8/7/2018) pagi terbakar. Api diduga bermula dari ruang CCTV di lantai P1, dimana sedang berlangsung kegiatan renovasi oleh kontraktor.

Kebakaran ini mengakibatkan empat orang tewas, sementara 20 korban lainnya yang berada di dalam gedung saat terjadi kebakaran berhasil diselamatkan

“Tempat pertama api ditemukan di ruang P1 CCTV itu tempat ditemukan sumber api yang pertama. Biasanya kalau kebakaran yang bahannya plastik atau kabel itu pasti asapnya besar. Tapi dugaan sumber api seperti apa, biar dari Puslabfor yang menerangkan,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo, di lokasi kebakaran.

Subejo menambahkan, para korban tewas diduga akibat kehabisan oksigen di tengah kepulan asap yang bersumber dari kebakaran. “Sebetulnya kebakarannya relatif kecil, tapi asapnya terlanjur menyebar ke ruangan lain. Jadi yang membunuh itu biasanya asap,” kata Subejo.

Pihaknya kata Subejo, masih terus melakukan penyisiran di lokasi kebakaran untuk memastikan masih ada atau tidaknya korban jiwa akibat kebakaran ini. “Makanya kami lakukan penyisiran dari lantai ke lantai. Kami upayakan penyisiran tuntas, tapi itu memakan waktu,” sebutnya.

Tanggung Biaya Perawatan
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono yang datang ke lokasi kebakaran bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyampaikan, akan menanggung biaya perawatan korban. “Kita ikut prihatin dengan kejadin ini. Untuk itu, kita akan tanggung biaya perawatan korban yang selamat,” kata Djoko

Djoko pun mengungkapkan bahwa penanganan terhadap evakuasi cukup sulit karena asap yang pekat. Selain itu persolan kesulitan akses ke dalam gedung juga sempat terkendala, karena bertepatan pada hari libur, dimana akses menuju gedung dipegang oleh pihak lainnya.

“Hasil penyisiran kita temukan bahwa tidak ada kebakaran di semua lantai. Asap muncul di lorong-lorong diketahui sampai ke lantai atas. Sepertinya nanti kami akan menunggu informasi dari kawan-kawan pemadam kebakaran dan kepolisian tekait pendataan dan fakta-fakta yang bisa diperoleh,” kata Djoko.

Editor: Hendrik JS

Previous articleKementerian ESDM Klaim Cadangan Migas RI Meningkat 148 Persen
Next articleRembuk Nasional Aktivis ’98, Jokowi: Kita Semua Bersaudara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here