Siapkan 350 Milyar, Begini Rencana AP-II Kembangkan Bandara Soedirman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Bandara Jenderal Besar Soedirman, Senin (23/4/2018). /Foto: AP-II

Jakarta, PONTAS.ID – PT Angkasa Pura II (Persero) menyambut dukungan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Wirasaba-Purbalingga.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin saat mendampingi Presiden meninjau Bandara Soedirman, Senin (23/4/2018).

Menurut Awaluddin dengan pengembangan ini akan menciptakan konektivitas antar daerah, peningkatan kualitas angkutan udara serta membuka potensi daerah Jawa Tengah lainnya yaitu Purbalingga.

“Dengan nilai investasi sebesar Rp 350 milyar, kami ingin menghadirkan Bandara Jenderal Besar Soedirman dalam versi yang lebih modern dan memiliki standar pelayanan yang baik bagi pengguna jasa,” jelas Awaluddin dalam keterangan resminya.

Selain sisi udara, kata Awaluddin, fasilitas penunjang lainnya juga akan dibangun antara lain tempat parkir kendaraan mobil dan motor seluas 4.092 m2 yang mampu menampung sebanyak 70 kendaraan mobil dan 172 kendaraan motor.

“Dengan dimensi landasan pacu yang akan dibangun dan diperpanjang menjadi 1600 m x 30 m di Bandara Jenderal Besar Soedirman, nantinya bandara ini akan mampu melayani penerbangan dengan pesawat jenis ATR-72”, tambah Awaluddin.

Kearifan Lokal
Dijelaskan dia, konsep terminal ini terinsipirasi dari rumah Joglo yang merupakan rumah tradisional Jawa Tengah yang dikombinasikan dari tiga jenis Joglo yaitu Joglo Limasan melambangkan warga yang Guyub, Joglo Mengkurat sebagai tanda selamat datang, dan Joglo Ageng yang merupakan simbol dari Gunung Slamet.

“Terminal ini nantinya juga akan mengadopsi berbagai unsur kearifan lokal yaitu batik, ukiran, hingga pewayangan,” paparnya.

Pembangunan terminal, runway, dan fasilitas penunjang lainnya, lanjut Awaluddin, akan mulai dilaksanakan setelah penandatanganan Serah Terima Aset dan Serah Terima Operasi dari TNI Angkatan Udara kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta PT Angkasa Pura II (Persero) untuk menyelesaikan pembangunan di akhir tahun 2019. “Diharapkan dengan ada Bandara Jenderal Besar Soedirman ini dapat memberikan manfaat kepada 9 Kabupaten dan Kota di jawa Tengah,” kata Presiden, di Pubalingga, kemarin.

Editor: Hendrik JS

Previous articleUNESCO Soroti Masalah Sampah di Taman Nasional Komodo
Next articlePartisipasi Masyarakat Bisa Bangkitkan Perekonomian Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here