Antisipasi Kepadatan Tol saat Lebaran, Begini Strategi Jasa Marga

Ilustrasi pusat monitoring jalan tol Jasa marga

Jakarta, PONTAS.ID – Jelang hari raya Idul Fitri 2018 (1439) yang akan jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyusun strategi mengantisipasi kelancaran arus mudik dan arus balik.

“Strategi ini diantaranya, menyusun kesiapan operasional Jasa Marga yang meliputi pelayanan transaksi, lalu lintas, dan konstruksi,” kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Dwimawan Heru, dalam siaran persnya yang diterima PONTAS.id, Sabtu (11/4/2018).

Jasa Marga kata Dwimawan, memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2018 di GT Cikarang Utama terjadi pada H-3, yakni pada tanggal 12 Juni 2018. Sedangkan puncak arus balik di GT diprediksi terjadi pada tanggal 19 Juni 2018 (H+3) atau hari terakhir Cuti Bersama akan mengalami penurunan.

“Dikarenakan lalu lintas terdistribusi sampai dengan H+8 (hari terakhir Libur Anak Sekolah),” imbuhnya.

Penambahan Gardu
Sementara, puncak arus mudik di Ruas Tol Purbaleunyi lanjut Dwimawan diperkirakan terjadi di GT Cileunyi, diprediksi jatuh pada tanggal 12 Juni. Sedangkan puncak arus balik diprediksi jatuh pada tanggal 19 Juni 2018.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi kepadatan volume lalu lintas di GT Cikarang Utama pada puncak arus mudik dan arus balik, Jasa Marga mengoperasikan maksimal 20 gardu tol operasi (arah Cikampek), 29 gardu tol operasi (arah Jakarta).

“Jasa Marga juga akan memfungsikan 10 mobile reader dan top up tunai di GT Cikarang Utama 2 dan GT Cikarang Utama 4,” paparnya.

Dan untuk di GT Cileunyi, Jasa Marga lanjut Dwimawan, akan mengoperasikan maksimal 10 gardu tol operasi (arah Garut) termasuk 2 lajur reversible, 8 gardu tol operasi (arah Jakarta) termasuk penambahan 2 gardu operasi dan 3 lajur reversible, serta memfungsikan 5 mobile reader dan top up tunai di GT Cileunyi.

Editor: Hendrik JS

Previous articleTuntas Bekerja, Menteri PUPR Raih Penghargaan Tokoh Perubahan
Next articleJaktim dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Pada Siang Hari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here