Mobile Reader, Senjata Ampuh Jasa Marga Layani Pengguna Tol

Petugas jasa marga melakukan transaksi tol dengan pemudik menggunakan Mobile Reader

Jakarta, PONTAS.ID – Hasil evaluasi dari arus mudik dan balik Lebaran tahun ini berjalan lancar dengan dukungan sinergi lintas sektoral yang optimal. Selain itu, inovasi Jasa Marga dalam mempercepat transaksi dengan menggunakan mobile reader terbukti turut memperlancar.

Mobile reader merupakan upaya peningkatan kapasitas gardu yang sudah ada, baik pada sistem transaksi terbuka maupun sistem transaksi tertutup. Produk ini terbukti mampu memangkas waktu transaksi.

“Sebagai perbandingan, biasanya per satu gardu existing membutuhkan waktu 4 -5 detik per transaksi. Dengan penggunaaan mobile reader dalam durasi waktu yang sama bisa melayani tiga kendaraan sekaligus,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator, Septerianto Sanaf, dalam keterangan resminya kepada PONTAS.id, Minggu (1/7/2018).

Septerianto mengungkapkan pada saat arus balik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sejumlah 15 unit mobile reader dioperasikan di GT Cikarang Utama, sehingga kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama dapat menampung seluruh kendaraan yang datang, walaupun jumlah kendaraan jauh melebihi kondisi normal.

Jemput Bola
Pada prinsipnya, lanjut dia, mobile reader merupakan alat yang berfungsi untuk mempercepat waktu transaksi pembayaran tol. Melalui alat tersebut, petugas akan menjemput bola dengan mendekati pengendara yang sedang dalam antrean kendaraan di mulut gerbang tol (GT).
“Pengemudi cukup menempelkan kartu tol elektronik ke mobile reader yang dibawa oleh petugas,” imbuhnya.

Tak hanya itu, mobile reader ini juga teruji mempunyai sistem fleksibilitas yang tinggi dalam membantu kelancaran transaksi lainnya, misalnya penyiapan transaksi gardu masuk darurat di Ruas Tol Mojokerto-Kertosono. Pada ruas tol tersebut, terbukti hanya membutuhkan waktu dua jam migrasi transaksi untuk kendaraan yang berasal dari ruas tol fungsional Wilangan-Kertosono.

“Kendaraan yang berasal dari ruas tol tersebut semula pembayarannya secara manual, namun berhasil dilihkan menjadi transaksi elektronik dengan menggunakan mobile reader,” terang Septerianto.

PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), menyediakan total 150 unit mobile reader saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Saat ini, hampir seluruh GT milik Jasa Marga mengoperasikan alat transaksi bergerak tersebut,” pungkasnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleHUT Polri Ke-72, Menteri Basuki: Dirgahayu Bhayangkara!
Next articleRevitalisasi 5 Dermaga Danau Toba, Pemerintah Terapkan Sistem Tiket

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here