Catat! April Nanti DKI Datangkan Satu Juta Blanko KIA

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi mengatakan pada tahun ini, Pemprov DKI akan menambah 1 juta blanko Kartu Identitas Anak (KIA).

“Tahun ini kami menargetkan sebanyak 30 persen anak memiliki KIA dengan cara menambah satu juta blanko untuk 1 juta anak,” kata Edison, Selasa (20/3/2018).

Edison menjelaskan, blanko tersebut akan ditambah pada pada bulan April mendatang, “Kalau untuk Desember 2016 hingga Februari 2018, kami telah mendistribusikan sebanyak 29 ribu KIA untuk anak yang baru lahir,” imbuhnya.

Dijelaskan Edison, untuk mencapai target 30 persen itu, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, dan pengelola RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) untuk mensosialisasikan kepada para orang tua dan guru.

“Selama ini anak hanya punya akte kelahiran yang berkuran besar, sehingga sulit dibawa kemana-mana. Dengan KIA ini ukuran dan bentuknya sama dengan KTP dan fungsinya sama dengan KK, dan mudah dibawa kemana-mana,” kata Edison.

Dia menambahkan, Pembuatan KIA juga diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir di 10 RSUD yang sudah bekerjasama dan ditambah satu rumah sakit swasta yaitu RSIA Budi Kemulyaan.

“Bagi anak PAUD atau TK yang belum punya KIA diminta mengurus segera di kantor Kelurahan, atau stand Sudin Dukcapil, di kecamatan atau kantor Sudin dan Dinas Dukcapil,” tandasnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleUtut Adianto Resmi Jadi Wakil Ketua DPR
Next articleIni Rotasi Nama Pimpinan Fraksi Gerindra di MPR-DPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here