Begini Rencana Pemprov DKI Tata Ulang Sudirman-Thamrin

Ruas jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta Pusat

Jakarta, PONTAS.ID – Penataan trotoar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dipastikan akan merubah tampilan dan tata ruang di sepanjang Jalan Sudirman.

Asisten Pembangunan DKI Jakarta, Gamal Sinurat mengatakan, penataan trotoar yang direncanakan mulai dari Patung Pemuda, Senayan hingga Patung Kuda, Thamrin, Jakarta Pusat itu nantinya akan memiliki Lebar trotoar berkisar 10 hingga 12 meter.

Dengan dilebarkannya trotoar dari yang ada saat ini sekitar 3-5 meter menjadi 10-12 meter tersebut, lanjut Gamal, maka trotoar akan memiliki fasilitas berupa bangku taman, dan etalase budaya.

Etalase budaya akan ditempatkan di titik-titik tertentu dan bisa dimanfaatkan untuk menempatkan benda-benda seni budaya hingga kegiatan seni budaya skala kecil, “Pemprov DKI masih akan membicarakan lebih lanjut teknis dari pemanfaatan etalase budaya ini agar tidak menjadi ruang bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS),” kata Gamal, Rabu (14/3/2018).

Tak hanya itu, desain penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman – MH. Thamrin nantinya dilengkapi dengan walk of fame atlet-atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan segala kisah atlet-atlet tersebut.

Ditambahkan Gamal, nantinya atlet-atlet akan berinteraksi dengan warga yang berlalu lalang di trotoar pada waktu/event tertentu. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengatur waktu interaksi tersebut.

“Lantai trotoar akan ada lurik batik budaya nusantara. Ada juga patung-patung atlet, seni dan budaya. Bahkan ada spot-spot yang memungkinkan adanya pertunjukan seni dan budaya,” kata dia.

Seleksi Pengusaha UMKM
Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebut akan ada kios-kios ekonomi mikro di sepanjang trotoar Jl. Sudirman-MH Thamrin.

“Tapi tentunya harus naik kelas dan standarnya bagus. Referensinya kios-kios yang pelayanannya baik, rapi, dan tersertifikasi dengan baik. Pemprov DKI nantinya akan membantu usaha-usah yang seperti itu agar bisa naik kelas. Sekaligus membuka lapangan kerja baru,” kata Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, Dinas Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM), akan memberikan program seleksi pendaftaran kios trotoar Sudirman-Thamrin. Saat ini pihaknya melakukan seleksi terhadap 10 ribu orang yang sebelumnya telah terdaftar di programOk Oce.

“Jadi akan ada seleksi. Yang lolos kualifikasi akan ada di trotoar itu,” ungkapnya.

Penulis: Edu
Editor: Hendrik JS

Previous articlePekan Depan, Komisi I Akan Rapat dengan Panglima TNI Bahas Alutsista
Next articleStephen Hawking, Ilmuwan Hebat Meninggal Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here