Azwar Anas Mundur, Risma Maju di Pilgub Jatim?

Jakarta, PONTAS.ID – Bakal Cawagub Jatim diusung PDIP-PKB Abdullah Azwar Anas dikabarkan mundur. Anas disebut akan menghadap langsung ke dua partai pengusungya, PDIP dan PKB untuk menyampaikan pengunduran dirinya secara resmi.

Mengkonfirmasi perihal mundurnya Azwar Anas, Bacagub Saifullah Hidayat atau akrab disapa Gus Ipul mengaku sudah mendengar kabar itu melalui Anas dengan pesan singkat WhatsApp.

“Pemberitahuan lewat WA. Berniat menyampaikan (pengunduran diri Anas sebagai cawagub) secara resmi ke DPP. Tapi isinya apa, saya belum tahu,” kata Saifullah Yusuf, Kamis (4/1/2018) malam.

Dalam pesan singkatnya melalui instant messenger, Anas disebut tidak menjelaskan secara detail alasan pengunduran dirinya. Namun Anas menurut Gus Ipul ingin bertemu langsung dengan dia terkait masalah ini.

“Masalahnya apa, saya belum tahu. Mas Anas akan menyampaikan secara langsung. Mas Anas mau ketemu saya secara langsung,” jelasnya.

Kabar rencana Bupati Banyuwangi itu ingin mengundurkan diri dari pencalonan bakal cawagub di Pemilihan Gubernur Jatim 2018 ini, sempat membuat Gus Ipul terkejut. Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani disebut-sebut yang akan menggantikan Anas.

“Saya terkejut (adanya kabar tersebut). Tapi, biarkan mas Anas yang menjelaskan sendiri,” ucap Gus Ipul.

Sementara itu, PKB sebagai parpol pengusung kedua tokoh di Pilgub Jatim mengaku sudah mendengar kabar akan mundurnya Azwar Anas sebagai bakal cawagub.

“Iya, yang saya dengar begitu (mundur dari Pilgub Jatim). Saya dengar dari Basarah (Ahmad Basarah, Wasekjen PDIP),” ujar Wasekjen PKB Maman Imanulhaq saat dihubungi, Kamis (4/1/2018).

Maman tidak mengetahui alasan mundurnya Anasnya dari Pilgub Jatim. “Nggak tahu (alasannya), mungkin ingin konsentrasi di Banyuwangi,” ucapnya.

Saat ditanya soal rumor jika Walikota Surabaya sekaligus kader PDIP Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma akan dimajukan menggantikan Anas. PKB pun sangat mendukung.

“Bagus pendampingnya (Gus Ipul) Risma, Risma sudah di Jakarta,” katanya.

Disisi lain, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan tengah mengecek kabar tersebut.

“Saya baru selesai dari Bogor. Aku cek dulu, ya,” ungkap Hasto saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/1/2018) malam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here