Bekasi Dapat Predikat Sebagai Kota Peduli HAM

Bekasi, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sebagai kota sangat peduli Hak Asasi Manusia (HAM), dalam perayaan HAM dunia ke-68 di Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Pemberian penghargaan itu langsung diterima oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama jajaranya.

“Kami sangat bersyukur menerima penghargaan ini, Kota Bekasi dianggap telah mampu memenuhi beberapa kriteria tersebut,” ujar Rahmat Effendi, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, kriteria yang sudah memenuhi itu di antaranya, hak atas kesehatan, perumahan layak serta hak atas lingkungan berkelanjutan.

Untuk itu, penghargaan tersebut akan dijadikan motivasi agar Pemkot Bekasi melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM.

Sebenarnya, lanjutnya, ada tiga predikat untuk kota di Indonesia, yakni sangat peduli, peduli dan kurang peduli. Kota Bekasi masuk kategori peduli. Penghargaan itu lantaran dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk-produk hukum.

Sehingga, penilaian kriteria Kota Peduli HAM ini diukur berdasarkan indikator struktur, proses dan hasil. Untuk itu, Rahmat akan terus menggalakan dalam pemerintahanya dalam hal HAM maupun penunjangnya dalam kebebasan beragama dan toleransi antar suku di Bekasi.

Rahmat menambahkan, penilaian Kota/Kabupaten peduli HAM dilaksanakan berdasarkan Permenkumhan No 34 Tahun 2016 dengan Kriteria daerah Peduli HAM. Yang mana di antaranya, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan. “Bekasi itu sudah memenuhi semuanya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here