Kinerja Legislasi DPD Periode Ini Masih Lemah

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPD RI Abdul Kholik menilai Koordinasi dengan Pemerintah (Presiden) dan Pimpinan DPR tidak berjalan maksimal sehingga fungsi DPD tidak optimal khususnya dalam bidang legislasi.

Hal ini disampaikan Abdul Kholik menyikapi kinerja DPD RI pada saat ini.

DPD selama 4 tahun, kata Abdul Kholik mencotohkan soal legislasi yang lemah namun terus memprioritaskan RUU yang ditolak Pemerintah yaitu RUU Daerah Kepulauan sehingga kinerja legislasinya mandek.

“Kalau mau dilihat kerja dari kurun waktu saat ini dengan Pemerintah maupun DPR apalagi salah satunya berkaitan dengan fungsi tupoksinya soal legislasi DPD sangat Zonk (nihil) karena tidak ada satupun RUU Insiatif dari DPD yang bisa tuntas,” kata Abdul Kholik kepada wartawan, Kamis (20/6/2024).

Selain dari fungsi legislasi yang mandek di DPD RI, Abdul Kholik menyoroti tupoksi lain DPD yang harusnya bisa mengangkat isu-isu di daerah tapi ini malahan justru sibuk dengan mewacanakan mengembalikan UUD 1945 ke naskah asli yang dinilainya bisa membahayakan posisi DPD itu sendiri.

“Pimpinan DPD sekarang kurang membantu berkontribusi untuk soal isu-isu kedaerahan dan justru periode ini lebih sibuk mengurusi masalah mengembalikan naskah asli UUD 1945 yang sama saja bisa membubarkan DPD dan ini justru sudah keluar dari Tupoksi DPD. Karena soal itu adanya di wilayah forum MPR bukan DPD,” sesal senator asal Jawa Tengah ini.

Untuk itu Abdul Kholik berharap, kepemimpinan DPD yang akan datang agar bisa memperhatikan tupoksi dan juga masalah isu-isu kedaerah yang harus diangkat ke Pemerintah Pusat untuk bisa dapat perhatian dan bukan lagi seperti saat ini yang lebih cenderung mengangkat masalah yang tidak ada hubungannya dengan kedaerahan.

“Kepimpinan kedepan harus mampu dalam konteks merumuskan isu-isu daerah merefleksikan kepentingan daerah kepada Pemerintah pusat lalu kepentingan visi maupun fokus DPD harus memihak isu daerah yang mendasar maupun aktual dan tidak boleh melenceng dari apa yang sudah ada di DPD,” tegasnya.

Previous articleMaju Pilkada Maluku Tengah, Mirati Dewaningsih Benarkan Ajukan Surat Mundur dari DPD
Next articlePaket Pimpinan DPD Harus Tunggu Tatib dan Keputusan KPU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here