Kualitas Lingkungan Belajar PAUD harus Konsisten Ditingkatkan

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

Jakarta, PONTAS.ID – Peningkatan kualitas lingkungan belajar pendidikan anak usia dini (PAUD) harus konsisten dilakukan sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) nasional yang lebih baik.

“Upaya mempersiapkan SDM nasional sejak usia dini harus dengan langkah yang tepat, termasuk kualitas lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan generasi penerus bangsa,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Maret 2024.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 5 Maret lalu meluncurkan Rapor Pendidikan 2024 di Senayan, Jakarta. Peluncuran Rapor Pendidikan itu ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan.

Perkembangan terbaru Rapor Pendidikan 2024 menghadirkan pembaruan data tentang kualitas lingkungan belajar untuk satuan pendidikan di jenjang (PAUD).

Secara umum Rapor Pendidikan merupakan laporan yang menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

Menurut Lestari, perhatian terhadap kualitas lingkungan belajar di jenjang PAUD harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan.

Mengingat, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, tantangan bangsa di masa depan membutuhkan SDM nasional yang tangguh dan berdaya saing.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berpendapat, penguatan sektor PAUD yang menjadi bagian dari proses pembangunan SDM nasional, merupakan langkah strategis yang harus direalisasikan.

Karena, tegas Rerie, Indonesia membutuhkan anak bangsa yang tangguh dan berdaya saing untuk memenangi setiap persaingan di berbagai bidang pada era globalisasi yang sarat dengan perubahan.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKetua MPR Dukung Pengembangan Creo Engine Ekosistem Game Berbasis Web3
Next articleKetua Umum IMI Siap Gelar Aquabike World Championship 2024 di Danau Toba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here