Dampak El Nino terhadap Kesehatan Masyarakat Harus Diantisipasi dengan Bai

Jakarta, PONTAS.ID – Kewaspadaan terhadap potensi munculnya penyakit yang dipicu dampak El Nino harus diantisipasi dengan tepat dan segera.

“Perubahan cuaca yang ekstrem akibat El Nino berpotensi memicu berkembangnya sejumlah penyakit. Karena itu sejumlah pihak terkait dan masyarakat harus mewaspadai kondisi tersebut dengan persiapan yang memadai,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8/3023)

Akhir pekan lalu melalui rilis yang dikutip media massa, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengingatkan masyarakat dan pemerintah untuk fokus dalam menghadapi El Nino yang kemungkinan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Badan Pangan Dunia (FAO) juga telah mengeluarkan pernyataan yang mengharapkan negara-negara untuk melakukan risiko mitigasi dan intervensi segera dalam menghadapi kemungkinan kurangnya pasokan makanan dengan menyiapkan cadangan makanan strategis.

Selain itu, akan ada sejumlah masalah kesehatan yang mungkin terjadi sebagai dampak dari El Nino. Masalah itu antara lain, peningkatan penyakit menular, peningkatan water borne disease yakni penyakit yang terjadi karena bakteri yang terbawa oleh air, dan penurunan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Menurut Lestari, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus mewaspadai peringatan dari badan dunia itu, dengan sejumlah persiapan langkah antisipasi.

Kesiapan cadangan pangan, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, tentu harus benar-benar cukup untuk menghindari terjadinya kerawanan pangan di sejumlah daerah.

Selain itu, tambah Rerie, yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, upaya meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat melalui asupan gizi seimbang dan konsistensi pengaplikasian vaksinasi dasar, juga harus ditingkatkan.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, kesiapan sejumlah fasilitas kesehatan dan perangkat pendukungnya juga harus dilakukan dalam mengantisipasi bermunculannya penyakit menular, seperti demam berdarah dengue (DB) di sejumlah daerah.

Para orang tua di setiap keluarga, tegas Rerie, harus mampu menjaga daya tahan tubuh putra-putrinya dengan konsisten dengan memberikan asupan gizi seimbang, yang bersumber dari sumber pangan yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Dengan kesiapan dari para pemangku kebijakan dan masyarakat dalam meningkatkan daya tahan tubuh setiap warga, Rerie berharap, dampak El Nino terhadap terhadap kondisi kesehatan nasional bisa diantisipasi dengan baik.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleJaga Komitmen Hilirisasi, Tegakkan Kepastian Regulasi
Next articlePerkuat Komitmen Terhadap Empat Pilar MPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here