Pelantikan Pengurus DPD HKTI Provinsi Kepri 2022-2027, Ansar Sebut HKTI Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kepri, PONTAS.ID- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyebut kehadiran HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) di Provinsi Kepri mampu menghimpun dan meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani. Pertanian memiliki peranan penting yang bermuara pada pembangunan perekonomian suatu daerah, bahkan negara.

Hal itu disampaikan Ansar saat menghadiri Pelantikan Pengurus DPD HKTI Provinsi Kepulauan Riau dan DPC HKTI Kabupaten/ Kota se-Kepulauan Riau Masa Bhakti tahun 2022-2027. Aunur Rafiq sebagai Ketua DPD HKTI Provinsi Kepulauan Riau dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP HKTI yang juga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko di Gedung Nasional, Karimun, Kepri, Senin (21/11/2022).

“HKTI hadir secara mandiri untuk merangkul penduduk pedesaan dan pelaku agribisnis lainnya, melalui pemberdayaan rukun tani komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional,” ujar Ansar.

Pertanian, sebut Gubernur Ansar, selain sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, juga sebagai instrument pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, serta pertanian sebagai sumber pendapatan masyarakat.

“Pertanian merupakan sektor yang memiliki keterkaitan terhadap angka yang diperoleh pada PDRB. Salah satu alasan mengapa sektor pertanian memiliki kaitan dengan sektor lainnya adalah karena sebagian besar bahan baku industri berasal dari sektor pertanian,” katanya.

Aunur Rafiq terpilih sebagai Ketua DPD HKTI Provinsi Kepri dalam Musyawarah Provinsi III DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Riau. Rafiq sendiri mengaku siap untuk menahkodai HKTI tingkat Provinsi Kepri. Karena menurutnya sebagai Ketua sejalan dengan keinginannya memajukan sektor pertanian Kepri.

“Memajukan petani adalah fokus saya sebagai penggerak ekonomi daerah. Kita harus bergandengan tangan semuanya. Kami siap bersama petani untuk memajukan pertanian di Kepulauan Riau,” sebut Rafiq.

Penulis: Thomson Budi

Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleBupati Asahan Apresiasi Al Fikri Raih Terbaik I Bintang Vokalis Pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional
Next articleTinjau Lokasi Banjir, Kapolres Sergai: Berikan Bantuan Beras di 2 Kecamatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here