Gubernur Hadiri Pergantian Ketua I DPRD Provinsi Kepulauan Riau

Tanjungpinang, PONTAS.ID – Gubernur Kepulauan Riau( Kepri) Ansar Ahmad menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah Rizki Faisal sebagai Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Dewi Kumalasari yang dilakukan pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepri dan ia dipimpin Jumaga Nadeak di Gedung DPRD Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Kamis (12/05/2022).

Pengambilan sumpah Rizki Faisal dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Riau, Panusunan Harahap.

Pelantikan Rizki Faisal sebagai Wakil Ketua DPRD Kepri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang tertanggal 7 April 2022. Surat persetujuan pergantian antar waktu tersebut sesuai dasar peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang pergantian antarwaktu anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kota.

Dalam keterangannya usai rapat paripurna, Gubernur menjelaskan, jika digantinya Dewi Kumalasari dengan Rizki Faisal merupakan permintaan dirinya sebagai Ketua Dewan Pembina DPD Partai Golkar Provinsi Kepri. Ia mengatakan Rizki Faisal telah dipersiapkan DPD Partai Golkar Provinsi Kepri sebagai calon legislatif anggota DPR RI dapil Provinsi Kepri dalam ajang Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Maka supaya beliau bisa bergerak lebih luas, maka atas permintaan saya, ibu Dewi saya minta tukar posisi,” kata Ansar.

Menurut Ansar, Dewi Kumalasari yang juga merupakan istrinya mengemban banyak jabatan yang menuntut perhatian yang tidak sedikit.

“Tugas Dewi yang saat ini cukup banyak, Mulai dari ketua TP PKK, Ketua BKMT, dan posisi lainnya. Selain itu saya juga meminta agar ibu dapat juga selalu mendampingi saya,” jelasnya.

Ansar berharap Rizki Faisal yang kini diamanahkan sebagai Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri mampu mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

Sementara Dewi Kumalasari yang menduduki posisi sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri juga menurut Ansar sudah sangat tepat, mengingat Dewi Kumalasari yang sangat aktif bergerak di bidang pendidikan.

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah Kepala Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri, unsur Forkompimda Kepri, dan seluruh kepala OPD Pemprov Kepri.
Penulis: Thomson Budi
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

 

Previous articleAngkut Empat Kubik Lumpur, SDA Kecamatan Cempaka Putih Kerahkan 13 Personel
Next articleHadiri Halal Bihalal Partai Nasdem, Bupati Sergai: Mari Satukan Langkah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here