Emil Dardak: Saya Tidak Mungkin Maju Pilpres karena Syarat Batasan Usia

Emil Dardak

Jakarta, PONTAS.ID – Politisi Partai Demokrat Emil Dardak mengungkapkan bahwa ia tidak mungkin maju di Pilpres 2024 menjadi capres atau cawapres 2024 karena usianya belum 40 tahun.

Pernyataan tersebut ia sampaikan di sebuah forum diskusi yang bertajuk “Dilema Pilpres 2024, Bincang Ulang Presidential Treshold dan Batas Minimal Usia Presien”.

“Banyak yang bilang ke saya, kenapa nggak mengikuti jejak Pak Sandi Uno, dari Wagub menuju Cawapres. Saya bilang saya nggak bisa, karena pada 2024 mendatang usia saya belum 40 tahun,” katanya, Minggu (2/10/2022).

Padahal, ia mencontohkan, di Perancis seorang yang sudah bisa memilih, maka dia juga boleh dipilih, yakni di usia 18. Aturan tersebut pernah direvisi pada tahun 74 yakni jadi 21 tahun, lalu dikembalikan lagi jadi 18 tahun.

“Macron di Perancis terpilih usia 38. Presiden New Zealand usia 30an. Sutan Syahrir juga dulu jadi Perdana Menteri usia 36”, terangnya. Karena itu, ikhtiar untuk meninjau ulang aturan syarat minimal Presiden, layak untuk dipikirkan bersama.

Di samping itu, Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut dengan tegas menyampaikan bahwa ia tidak setuju dengan sistem yang tengah berjala saat ini, karena Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dilakukan serentak. Karena acuan ambang batas Presidential Treshold yang digunakan adalah hasil perolehan Pileg 5 tahun sebelumnya. “Ini yang menurut saya kurang ideal, bahkan tidak ideal”, terangnya.

Selain dihadiri oleh Emil, diskusi tersebut juga dihadiri oleh Politisi Beken Fadli Zon, Puteri Komaruddin Golkar, Brigitta Lasut Nasdem, Pengamat Adi Prayitno, Korpus BEM SI, dan dipandu oleh Budi dan Ari dari Totalpolitik.com.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Ajak Bumikan Pancasila dalam Semua Dimensi Kehidupan
Next articleTragedi Kanjuruhan, MPR Berduka Cita dan Minta Semua Lini Bergerak Bersama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here