Sebelas Parpol Daftar Pemilu 2024, KPU: Tiga Partai Belum Lengkap

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari //Foto: DKPP

Jakarta, PONTAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran sebanyak sebelas partai politik (parpol) untuk menjadi peserta Pemilu 2024. Tiga parpol sementara ini masih dinyatakan belum lengkap.

“Baru delapan parpol yang resmi berstatus terdaftar. Tiga partai lainnya masih melakukan perbaikan berkas,” kata Ketua KPU Hasyim Asyari di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

“Dari 11 itu, yang sudah diterbitkan berita acara. Yang dinyatakan bahwa dokumen pendaftarannya lengkap dan statusnya sudah didaftar, sementara ini delapan partai politik,” terangnya.

Tiga partai yang masih harus melengkapi berkas adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

Sementara itu, delapan parpol lainnya, kata Hasyim berhak melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. “KPU akan mengecek keabsahan berkas dari setiap partai politik,” paparnya lebih jauh.

Masa pendaftaran akan ditutup pada 14 Agustus dan KPU kata dia akan mengumumkan parpol yang lolos verifikasi administrasi dan berhak mengikuti verifikasi faktual.

“Dalam verifikasi faktual, KPU akan mengecek langsung ke lapangan terkait sejumlah persyaratan. Beberapa di antaranya adalah keterwakilan di 34 provinsi, 75 persen kabupaten /kota, dan 50 persen kecamatan,” terangnya.

Adapun partai politik yang berkasnya dinyatakan lengkap pada saat pendaftaran ke KPU adalah: PDI Perjuangan; PKP; PKS; Perindo; Partai NasDem; PBB; PKN; dan Partai Garuda.

“Sementara, parpol yang berkas belum lengkap yaitu, Partai Reformasi, Prima dan
Partai Pandai,” tutup Hasyim.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleTop! Jebolan SMAN 71 Tembus di Tujuh PTN
Next articleUU Sumbar Ditolak, DPD Dorong Masyarakat Mentawai Lakukan JR ke MK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here