MA Lantik Dewan Komisioner OJK 2022-2027, Ini Harapan Sri Mulyani

Anggota Dewan OJK periode 2022-2027 yang baru dilantik Mahkamah Agung, pada Rabu (20/7/2022) //Foto: Kemenkeu

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027 yang baru dilantik Mahkamah Agung diharapkan terus memperkuat pengaturan dan pengawasan secara terintegrasi dalam mengatur dan mengawasi sektor keuangan secara efektif.

Harapan ini disampaikan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat mengikuti pelantikan Dewan Komisaris OJK, Rabu (20/7/2022).

“Sektor keuangan yang efisien dan sehat akan mampu mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resminya di Jakarta, siang tadi.

Untuk itu, ia berharap OJK sebagai otoritas pengatur dan pengawas sektor keuangan juga dapat meningkatkan literasi dan perlindungan konsumen, meningkatkan peran bank dalam mengembangkan UMKM.

“Serta mengupayakan pengembangan keuangan digital dengan mitigasi risiko yang tepat, serta meningkatkan peran pasar modal dalam mendukung pembiayaan untuk membangun perekonomian nasional,” katanya.

Perlindungan Konsumen
Kemudian, OJK diharapkan membangun industri asuransi yang mampu menyeimbangkan antara pengembangan industri dengan perlindungan konsumen, serta bersinergi mewujudkan pasar keuangan yang dalam, efisien, aktif, dan likuid melalui kebijakan dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan.

Delapan dari sembilan ADK OJK adalah wajah baru, namun memiliki reputasi yang sangat baik di sektor keuangan. Sementara anggota ex-officio dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara telah menjadi ADK OJK pada periode sebelumnya.

Dengan kombinasi ini, Menkeu berharap terjadi proses transformasi yang seimbang antara keberlanjutan atas capaian-capaian yang baik dan perubahan menuju hal baru yang lebih adaptif mengantisipasi kondisi masa depan.

Dalam menghadapi kondisi global, OJK bersama lembaga-lembaga Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) harus terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

Selain itu, Menkeu turut berharap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara yang akan duduk sebagai Anggota DK OJK periode 2022-2027 ex-officio Kemenkeu dapat memperkuat koordinasi antara otoritas fiskal dengan otoritas sektor keuangan, serta otoritas moneter dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Anggota DK OJK ex-officio Kemenkeu juga diharapkan dapat menjadi katalisator bagi terbangunnya kepemimpinan kolektif kolegial OJK yang kompak dan solid, “Untuk bersama-sama membangun OJK menjadi lembaga yang berkinerja tinggi,” harapnya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) melantik Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 di Gedung MA, sesuai Keputusan Presiden Nomor 51/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Keanggotaan DK OJK.

“Berdasarkan Surat Keppres Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tanggal 9 Mei 2022, saudara-saudara telah diangkat sebagai Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DK OJK,” ucap Ketua MA M Syarifuddin.

Dalam keppres itu disebutkan jajaran DK OJK periode 2022-2027 adalah:

  1. Mahendra Siregar, Ketua merangkap anggota
  2. Mirza Adityaswara, Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota;
  3. Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota;
  4. Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota;
  5. Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota;
  6. Sophia Issabella Wattimena, Ketua Dewan Audit merangkap anggota;
  7. Friderica Widyasari Dewi, anggota yang membidangi edukasi dan perlindungan Konsumen;
  8. Doni Primanto Joewono, anggota Ex-officio dari Bank Indonesia; dan
  9. Suahasil Nazara, anggota  Ex-officio  dari Kementerian Keuangan

Pelantikan dan pengambilan sumpah Ketua dan Anggota DK OJK dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri sejumlah pimpinan kementerian dan lembaga negara, pelaku industri jasa keuangan, serta Anggota DK OJK periode 2017-2022.

Dengan pelantikan ini maka Anggota DK OJK tersebut akan melaksanakan tugas sebagaimana diamanatkan Undang-Undang OJK Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK.

Selain mengangkat Anggota DK OJK yang baru, pelantikan ini juga otomatis memberhentikan dengan hormat keanggotaan DK OJK periode 2017-2022, yang disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleKesetaraan Gender Masih di Atas Kertas, Perlu Kebijakan Spesifik
Next articleDorong Kebangkitan Pariwisata di Kepri, Gubernur Ansar Temui Dirjen Imigrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here