Pemkab Sergai Jamin Daging Kurban Jauh Dari Wabah PMK

Sergai, PONTAS.ID – Shalat Ied Adha 1443 H/2022 M yang dilaksanakan di Mesjid Agung Serdang Bedagai (Sergai) dipadati oleh jemaah dari berbagai pelosok, Minggu (10/7/2022). Di antara ribuan jemaah yang memadati ruangan dan halaman Mesjid kebanggan warga Sergai ini, tampak Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Adlin Umar Yusri Tambunan.

Bertindak sebagai Khatib, Kakan Kemenag Sergai, Zulkifli Sitorus dan Imam shalat, Ustadz Zaki yang juga Imam di Masjid Agung Sergai. Usai shalat Ied Adha, Zulkifli Sitorus dalam khutbahnya menyampaikan tentang pentingnya dimensi ibadah dalam kurban, demi kemaslahatan ummat.

Selain sebagai ibadah yang memiliki dimensi vertikal, kata Khatib yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ditambahkannya jika kurban juga memiliki dimensi horizontal atau sosial yakni berbagi rezeki dengan orang lain,

” Jika dalam hari raya Idulfitri, kita berbagi dengan membahagiakan orang lain melalui zakat, maka saatnya Idul adha, kita gembirakan hati orang lain dengan ibadah kurba,” ucapnya

Bupati Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya, mengaku sangat bersyukur masih diberi kesehatan dan keberkahan hingga dapat melakukan ibadah pada hari ini.

“Setelah nanti bersilaturahmi, akan kami lanjutkan meninjau pelaksanaan kurban yang ada di Kabupaten Sergai bersama-sama, di mana untuk tahun ini (2022), ada sekitar 61 ekor sapi dari Pemkab Sergai yang telah disebar di 17 kecamatan,” papar Bupati.

Bupati juga menyebutkan kalau sapi yang dikurbankan oleh Pemkab Sergai, tentunya telah memenuhi standar kesehatan, artinya sapi yang sehat dan tidak terkontaminasi dengan penyakit mulut dan kuku (PMK), serta sesuai dengan syariat Islam untuk hewan kurban.

Meski wabah PMK masih meliputi Sergai, lanjut Bupati lagi, namun kami tetap memprioritaskan kesehatan hewan yang akan dikurbankan. Oleh karenanya, hingga saat ini, Pemkab Sergai melalui Dinas Ketahanan Pangan, sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menyebarkan petugas yang menangani pemeriksaan kesehatan hewan khususnya yang akan dikurbankan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, daging kurban ini berasal dari sapi-sapi yang sehat sehingga aman untuk dikonsumsi. Semoga menjadi keberkahan bagi kita semua,” tutup Bupati.

Usai salat Iduladha Bupati beserta seluruh jamaah salat ied adha, bersilaturahmi ke Rumah Dinas Wabup Sergai di Dusun XV Pasar Baru Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Sebelumnya pada Sabtu (9/7/2022) malam, digelar gema takbir Iduladha 1443 H, di Masjid Agung Sergai yang juga dihadiri oleh jajaran Pemkab Sergai, unsur Forkopimda dan masyarakat.

Turut Hadir dalam shalat idul adha yakni unsur Forkopimda Sergai, Sekdakab Sergai, Ketua TP PKK Ny Rosmaida Saragih,Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara, Ketua DWP Ny Uke Retno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, ASN, tokoh agama dan masyarakat Sergai.

 

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleGerakan Literasi Nasional Butuh Dukungan Semua Pihak
Next articleLewat RUU KIA, Negara Wajib Beri Bantuan Gizi Bagi Ibu dan Anak Kurang Mampu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here