Wali Kota Jakbar dan Forkopimko Gelar Upacara Hari Pahlawan

Jakarta, PONTAS. ID – Pemerintah Kota Jakarta Barat melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 di halaman kantor Wali Kota Jakarta Barat. Rabu, (10/11/2021).

Pada upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, upacara diikuti para ASN dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakbar.

Membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko mengatakan para pendiri bangsa ini menyadari pentingnya membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. “Inilah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan,” ucapnya.

“Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.” tuturnya.

Untuk itu, kata Yani, seluruh anak bangsa harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. “Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan seloka: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” ujarnya.

Yani menambahkan melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 2021, marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap lagkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. “Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya.” jelasnya.

Diakhir sambutan, Yani mengimbau agar seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan. Kobarkan semangat, tekad dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita,” imbuhnya.

Sesi upacara diisi Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka Jakbar, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, Naskah Pesan Pejuang, mengheningkan cipta, paduan suara, serta pemberian piagam penghargaan, doa dan lainnya.

pada kesempatan yang sama, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko memberikan piagam penghargaan kepada kelurahan – kelurahan dengan capaian persentase pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tertinggi, yakni Kelurahan Glodok (84,62 %), Tangki (83,38 %) dan Mangga Besar (83,15 %).

Sekedar informasi, Kelurahan dengan jumlah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terbanyak, yakni Kelurahan Kapuk (101.751), Tegal Alur (66.211) dan Cengkareng Timur (64.922).

Selain itu, Sertifikat Nasional Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak RPTRA Kalijodo kepada Lurah Angke dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penulis: Deddy Muttaqin
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleIndonesia Drag Bike Championship dan Pemilihan Miss IMI Dilakukan dengan Prokes Ketat dan Tanpa Penonton
Next articleHari Sakral, Kapolres Kunjungi Veteran di LVRI Tegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here