Legislator Ajak Millenial Gunakan QR Code dalam Transaksi Digital

Anis Byarwati bersama BI Sosialisasikan Penggunaan Scan QR ke Milenial untuk Transaksi Digital
Anis Byarwati bersama BI Sosialisasikan Penggunaan Scan QR ke Milenial untuk Transaksi Digital

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi XI DPR, Anis Byarwati memotivasi kaum muda millennial untuk turut menggunakan QRIS dalam transaksi digital yang kini semakin massif dilakukan. Ia menyampaikan bahwa pengguna QRIS meningkat hingga 3,64 juta merchant di akhir tahun 2020.

Bersama dengan perwakilan BI Kantor DKI, Anis bahkan mempraktekan secara langsung penggunaan QRIS dalam transaksi digital dan mengajak peserta untuk turut mempraktekkannya.

Secara khusus, Wakil Ketua BAKN DPR ini mengajak kaum muda millennial untuk tidak segan masuk dan mencoba melakukan aktivitas ekonomi dengan turut serta dalam UMKM.

“Jika anak muda memiliki kemandirian dalam ekonomi, tentu akan membantu kondisi ekonomi keluarga. Stabilitas ekonomi keluarga dan meningkatnya daya beli, tentu akan berpengaruh kepada perekonomian nasional,”ungkapnya sosialisasi kebijakan Bank Indonesia yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Ia juga menekankan kerjasama yang perlu ditumbuhkan di kalangan anak muda agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik. Anis menyatakan dirinya siap untuk bersama-sama kaum muda membangkitkan dan menguatkan UMKM di Jakarta Timur.

Terakhir, legislator PKS ini mengapresiasi yayasan Pemuda Pewaris Kebenaran yang menjadi penyelenggara kegiatan sosialisasi ini bekerjasama dengan BI. Ia juga mengapresiasi pihak kecamatan Makasar yang terbuka memberikan akses aula yang dimilikinya untuk kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Sementara itu, perwakilan Bank Indonesia (BI) Yusrizal, menjelaskan QRIS merupakan upaya standardisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial (fintech) seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lainnya.

Menurutnya, QRIS menyatukan berbagai macam QR code dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Hal itu membuat transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman, dan tentunya mudah. Oleh karena itu, setiap penyedia PJSP berbasis QR code baik lokal maupun asing wajib menggunakan QRIS.

Turut hadir dalam acara ini lurah Batu Ampar, Achmad Ruslan, dan ketua Gema Keadilan DKI Jakarta, Ahmad Rachmawan. Acara di tutup dengan foto bersama sebagai bukti kebersamaan seluruh yang hadir dalam acara ini.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleGus Jazil: Jangan Pisahkan Ilmu Umum dengan Agama
Next articleFKB Dinstruksikan Kawal Anggaran 20% APBN untuk Fungsi Pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here