FKDM Jakarta Barat Gelar Donor Darah di Kalideres

Jakarta, PONTAS.ID- Forum Kewaspadaan Masyarakat Dini (FKDM) Jakarta Barat menggelar kegiatan donor darah dengan tema “Ranger & FKDM Kalideres Peduli Setetes Darah Untuk Sesama”, yang diselenggarakan di gedung olahraga (Gor) Kalideres, Jakarta Barat.

Ketua Relawan Regenerasi (Ranger) Dua Empat yang juga merupakan Ketua FKDM Jakarta Barat, Iswadi mengatakan untuk hari ini jumlah peserta yang terdata sebagai pendonor darah berjumlah 350 orang

“Sudah terdata oleh petugas berkisar 350 Peserta, mudah-mudahan bisa mencapai lebih dua ratus yang mendonorkan darah, karna ada tahap pemeriksaan yang dilakukan petugas,” ujar Iswadi dalam kata sambutannya di GOR Kalideres, Rabu (13/10/2021).

Lanjut kata Iswadi mengatakan Kegiatan Donor Darah ini juga disediakan 7 Doorprize untuk para pendonor, “Satu unit televisi ukuran 32 inc, dan 6 unit kipas angin,” ujarnya.

Sementara itu, Iswadi mengimbau agar kegiatan donor darah ini juga bisa diselenggarakan dari pihak-pihak elemen masyarakat bentukan dari Pemerintah Daerah.

“Seperti RT, RW, dan LMK, untuk target FKDM sendiri takan menyumbang setiap tahunnya seratus ribu kantong darah kepada PMI,” imbuhnya.

Dalam kegiatan donor darah yang digelar FKDM Jakarta Barat ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta Rustam Efendi dalam kata sambutannya mengatakan FKDM Jakarta Barat sudah memberikan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan darah.

“Memang FKDM Jakbar sudah membuktikan nya dengan kegiatan donor darah dari awal, memang kegiatan donor darah ini sangat dibutuhkan masyarakat, terima kasih FKDM Jakbar, Hebat,” Katanya.

Tak hanya itu, Rustam juga mengungkapkan saat ini jumlah kantong darah perhari tersedia berkisar 1.000 – 1.200 di PMI Provinsi DKI Jakarta kantong darah banyak juga dibutuhkan bagi ibu – ibu yang sedang menjalani proses bersalin.

“Mari agar bersama – sama kita membantu sesama, untuk memberikan setetes darah dari kita bisa menyelamatkan nyawa manusia,” ucap Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rustam Efendi Saat ditemui PONTAS.id di lokasi Gor

Senada, Ketua PMI Jakarta Barat Baharuddin mengatakan PMI Jakarta Barat membuka layanan donor darah 24 Jam, agar dapat memberikan pertolongan bagi yang membutuhkan.

“Perharinya bisa mendapatkan 200 kantong darah di PMI Jakbar, donor 24 jam dan pengambilan darah juga 24 jam bisa dilayani,” tutupnya kepada PONTAS.id

Pantauan PONTAS.id di lokasi kegiatan acara tersebut terlihat antusias warga dan FKDM dari masing-masing kecamatan, kelurahan di Jakarta Barat untuk memberikan donor darah dengan tahap pemeriksaan terlebih dahulu yang dilakukan pihak petugas. Lalu adanya kegiatan pemotongan tumpeng, untuk memberikan kejutan dihari ulang tahunnya Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rustam Efendi yang ke – 61 tahun.

Sekedar Informasi kegiatan donor darah ini berlangsung tiga tahap. (13 Oktober di Kalideres, 28 Oktober di Kebon Jeruk, dan 10 November di Grogol Petamburan).

Penulis : Deddy Muttaqin
Editor: Yos Casa Nova F

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here