Pandemi, GOPTKI Sergai Dorong Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

Sergai, PONTAS.ID – Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Sergai terus berusaha menunjukkan kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini meskipun kini masih menghadapi pandemi Covid-19.

“Untuk itu GOPTKI Sergai melaksanakan monitoring pembinaan PAUD dan pemberian makanan tambahan anak sehat Tahun 2021 di tiga kecamatan Senin (13/9/2021) kemarin,” kata Kadis Kominfo Sergai, Akmal kepada PONTAS.id, melalui Aplikasi WhatsApp seluler, Selasa (14/9/2021).

Monitoring di tiga kecamatan ini, lanjut Akmal, dilaksanakan oleh tim yang berbeda. Tim I dipimpin oleh Bunda PAUD Kabupaten Sergai yang juga sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai, Ny. Rosmaida Saragih yang memberikan pembinaan di TK Ade Hawari di Dusun VI, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

“Sementara Tim II dipimpin oleh ketua GOPTKI Sergai, Ny. Aini Zetara yang melakukan pembinaan di TK Hasanah dan terakhir Tim III dipimpin oleh ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sergai, Ny. Uke Retno yang melakukan pembinaan di TK Umum Bina Bangsa, dusun I Desa Penggalangan, Tebing Syahbandar,” papar Akmal.

Dalam kesempatannya, Ketua TP-PKK Sergai Rosmaida Saragih menyampaikan, jika sektor pendidikan di Sergai terkena dampak yang besar akibat pandemi Covid-19, namun baginya pembatasan kegiatan belajar-mengajar adalah hal yang tidak terhindarkan. Hal itu guna memastikan keselamatan dan kesehatan para peserta didik.

“Kegiatan monitoring dan pemberian makanan tambahan anak sehat ini, adalah salah satu yang mendapat persetujuan untuk dilaksanakan tahun ini. Banyak sebenarnya kegiatan yang diajukan oleh GOPTKI, namun demi berjalannya prokes, untuk sementara kegiatan-kegiatan itu kita tunda sampai kondisi yang lebih baik di depan,” kata Rosmaida.

Selain itu, Rosmaida juga mengingatkan sebagaimana pentingnya seluruh TK di Sergai mendapat pembinaan yang mumpuni dari pemerintah. “Ini demi mewujudkan TK yang maju, mandiri, sejahtera dan religius,” tambah Rosmaida.

Dari kegiatan ini, Rosmaida Saragih berharap para anak-anak usia dini juga bisa mendapat stimulan berupa makanan yang sehat untuk memenuhi kecukupan gizi.

“Pesan saya kepada para guru agar tetap semangat dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai pendidik generasi usia dini, juga memberikan perhatian yang merata kepada seluruh anak didik. Semua anak punya potensi yang sama meski dengan keunikannya masing-masing sehingga ini mesti diperhatikan sejak usia dini,” harapnya.

Sebagai informasi, rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari mendatang di seluruh TK-PAUD yang berada di 17 kecamatan Sergai.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Ahmad Rahmansyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here